Pacu Peningkatan Kemandirian melalui Pendidikan Kepramukaan di Alam Terbuka

Pusinfo – Berbekal rasa Kemandirian yang kuat, Gugus depan pangkalan SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo menyelenggarakan Pedidikan kepelatihan kepramukaan (PKK) selama 3 hari 2 malam, 11 s.d 13 Juli 2023 di Bumi Perkemahan PPKA Indreng Genitri Claket Pacet Mojokerto. Dalam kegiatan perkemahan kali ini juga dilakukan pendakian ke Puthuk Kentongan yang memiliki ketinggian 1.305 mdpl.

Proses untuk dapatnya perijinan kegiatan ini tidaklah mudah, hal ini menjadi pembelajaran berharga bagi anggota pramuka Ambalan Sutomo – L. Malahayati. Meski demikian, tidak mengurangi semangat untuk berkegiatan. Dengan diikuti oleh peserta sebanyak 23 orang anggota pramuka penegak, 2 orang pembina gugus depan dan 3 orang pembina pendamping sekaligus pemateri selama kegiatan berlangsung.

Dalam kunjungannya, Kepala SMK YPM 5 Sukodono Kak Drs.H. Abdul Jamil, MM yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) memberikan Motivasi kepada seluruh peserta, “hendaknya adik-adik selama melaksanakan kegiatan di alam terbuka selalu berdo’a disetiap langkah, mengikuti apa yang menjadi arahan dari kakak pembina, serta selalu menjaga kondisi kesehatan agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik. Setelah ini, adik-adik harus lebih percaya diri, lebih aktif, serta dapat menjadi kebanggaan bagi gugus depan kita” ujarnya menyemangati peserta perkemahan.

Menurut kak Zahra selaku Pradana putri dihubungi disela-sela kegiatan mengatakan, “Semoga kedepan kegiatan-kegiatan dapat lebih mudah mendapatkan dukungan dari semua pihak, sekaligus dapat menjadi media pembelajaran sambil melakukan, sehingga nantinya setiap anggota pramuka peserta perkemahan dapat menerapkan ilmu dan pengalamannya di masyakat”.

Diakhir kegiatan juga dilangsungkan pelantikan pramuka penegak Bantara sebanyak 9 orang yang sebelumnya telah menyelesaikan ujian dan penempuhan Syarat-syarat Kecakapan Umum pramuka penegak tingkat bantara. Ini merupakan tingkatan awal bagi pramuka penegak, tidak hanya sampai disini saja dalam penempuhannya, harus dilanjutkan ke tingkatan pramuka penegak Laksana hingga menjadi pramuka penegak Garuda.

Baca Juga  Kak Subandi Lantik Pengurus Mabiran dan Kwarran Wonoayu Masa Bakti 2022-2025

Sedangkan dalam kunjungan IKAPRASMALIS yang merupakan Ikatan Purna Ambalan Pramuka SMK YPM 5 Sukodono berharap agar adik-adik selalu menjaga kekompakan anggota dan kedisiplinan. Peserta kegiatan kali ini sangat antusias meskipun harus mengahadapi tantangan yang cukup berat di lokasi yang cukup ingin dengan medan penjelajahan yang cukup menantang. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak M Ibnu – Pembina Satuan SMK YPM 5 Sukodono;
Pewarta Pusinfo : Kak Agus Andrianto – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *