Menumbuhkan Karakter Laksana Tunas Kelapa Dalam Lomba Tingkat 1 MTs Negeri 2 Sidoarjo

Pusinfo – Gugus Depan 09.055 – 09.056 pangkalan MTs Negeri 2 Sidoarjo adakan kegiatan Lomba Tingkat 1, Jumat – Sabtu, 21 s.d 22 Juli 2023. Lomba tingkat 1 (LT-1) merupakan sebuah kegiatan kepramukaan yang dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan diperuntukkan pramuka penggalang. Dengan rangkaian perlombaan diantaranya : teknik kepramukaan, api unggun gembira, jelajah alam dan jingle, pengetahuan kepramukaan serta lagu-lagu pramuka.

Upacara pembukaan dibuka khusus oleh Ketua Kwartir Ranting Krian Kak Lukman Hadi S.Pd., M.Si yang hadir bersama Sekretaris Kwarran Krian Kak Arif. “Madrasah ini benar-benar hebat, semua stakeholder saling mendukung dari atasan hingga bawahan dalam rangka menyukseskan perkemahan lomba tingkat 1 ini, semua peserta murid baru benar mempersiapkan dirinya dengan baik di tengah padatnya acara Matsama/MOS”, ucap Kak Lukman.

Beliau merasa terhormat dan bangga memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan kali ini, sebab tidak semua sekolah atau Madrasah mendukung kegiatan kokurikuler. Sekaligus beliau menyampaikan agar supaya mempersiapkan diri menuju Lomba Tingkat 2 (LT-2) yang akan dilaksanakan Agustus 2023, sehingga gugus depan ini nantinya mampu dan diharapkan dapat mengikuti Lomba Tingkat 3 (LT-3) mewakili Kwaran Krian.

Lomba tingkat 1 menyuguhkan perlombaan sedikit berbeda dengan kapasitas yang lebih ringan namun tetap asyik dilaksanakan. Perlombaannya mulai dari hasta karya, kemampuan indra (KIM), PBB, Jingle, pentas seni, cerdas cermat (Scout Skill Competition). Malamnya dilanjut dengan kemeriahan api unggun gembira dan pentas seni yang dipandu oleh kakak pembina pramuka, yakni Kak Wafiq, kak Aji, kak Rizal dan Kak anggun serta pendamping dari OSIS.

Menurut Kak Ely Mufida selaku Ketua Gugus Depan Pramuka MTs Negeri 2 Sidoarjo, “Perbedaan lomba tingkat 1 tahun kemarin dengan tahun ini adalah tidak adanya Bimtal. Hal tersebut tidak lain dengan mempertimbangkan bahwa calon kelas 7 belum mendapatkan materi Pramuka wajib sehingga kesiapan mental dan tatap muka perlu dilakukan”, ujarnya.

Baca Juga  Suara Keberagaman Indonesia Warnai OTA 2K22

Malamnya, upacara unggun gembira dipimpin oleh tim Pramuka Bhimasena MTs Negeri 2 Sidoarjo dengan mengucapkan Dasa Dharma. Penyalaan Api unggun dilakukan oleh kak Haryadi sekaligus memberikan sambutan kepada seluruh peserta api unggun agar supaya mengambil nilai dari kebersamaan dan belajar hidup mandiri seperti yang telah diterapkan oleh Bapak Pandu Dunia – Boden Powell of Gilwell dan Rasulullah Muhammad SAW.

Pada Sabtu pagi 22/07/2023) paska senam Pramuka, kegiatan melanjutkan dengan jelajah alam serta susur sungai sepanjang Desa Junwangi Kec. Krian. Asyiknya kegiatan susur sungai kali ini, karena setiap peserta diberikan tantangan untuk menyeberangi sungai, hal ini membutuhkan keberanian dan teknik tersendiri sebelum mereka melakukan sarapan pagi di sepanjang sungai.

Dalam upacara penutupan, Kak Hambali selaku Wakil Kamabigus menyampaikan bahwa, “Apapun yang terjadi, dengan belajar hidup mandiri kita bisa dan mampu terjun bersosialisasi serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang berada di tengah masyarakat serta memiliki kepribadian yang solid dengan tim dengan tidak menjadikan diri egois, mau menang sendiri”, ujar beliau memotivasi peserta. (Red)

Penulis : Jurnalis Az-Zahra 2023

Kontributor Kegiatan : Kak Ely Mufida – Ketua Gudep Pramuka MTs Negeri 2 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *