Kembali gelar Naratama, Narakarya Sebagai Wahana Pemantapan Pembina dan Pelatih

Pusinfo – Gerak Pusdiklatcab Jenggala Sidoarjo kembali menggugah para pembina dan pelatih untuk memantapkan diri melalui kegiatan Narakarya Dasar, Narakarya Lanjutan dan Naratama Dasar bagi pembina lulusan KMD, KML serta pelatih pembina pramuka yang telah menyelesaikan KPD, Jum’at 21/07/2023 di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Dalam penyampaian informasinya, Wakil Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo Kak Lilis Suryatin, S.Pd., M.M.Pd menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan Narakarya Dasar bagi yang telah lulus KMD dan Narakarya Lanjutan bagi yang telah lulus KML selama kurang lebih 6 bulan berjalan, hal ini dilakukan untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan yang bersangkutan pas mengikuti kursus pembina pramuka tingkat mahir baik dasar maupun lanjutan” ujarnya menjelaskan detail kegiatan.

Kegiatan ini diikuti oleh para pembina lulusan KMD dan KML yang dibimbing langsung oleh para Pelatih Pembina Pramuka Pusdiklatcab Jenggala yang terbukti kehandalannya. Ada kak Lilis Suryatin, kak Siti Khoiriyah, kak Ainul Yaqin, kak Kusnanang dan kak Ifa Kusnani yang mendampingi mereka dengan penuh ketelatenan dalam pelaksanaan Narakarya dasar dan lanjutan serta Naratama Dasar kali ini.

Terdapat 1 orang peserta yang baru saja menyelesaikan Kursus Pelatih Dasar yang lulus dari KPD di Kwarda Jawa Tengah pada tanggal 11 s.d 16 Juli 2023 kemarin dan telah menyerahkan berkas-berkasnya untuk melaporkan diri ke Pusdiklatcab Jenggala Sidoarjo serta siap untuk mengikuti Naratama dasar selama 6-12 bulan.

Pesertanya Narakarya Lanjutan dari golongan penggalang sebanyak 6 orang pembina, dari golongan siaga sebanyak 7 orang pembina. Sedangkan untuk Naratama dasar terdapat 16 orang pembina yang telah mengikuti KMD sebelumnya.

Dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 202 Tahun 2011 Tentang Sistem Pendidikan dan Pelatihan dalam Gerakan Pramuka yang kemudian disempurnakan dalam Surat Keputusan Kwarnas Nomor 048 Tahun 2018 tentang Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan ada beberapa jenis pendidikan bagi anggota Gerakan Pramuka usia dewasa.

Baca Juga  Adakan Rapat Kerja Ranting, Perkuat Kekompakan Pramuka Wonoayu Maju

Jenis pendidikan tersebut antara lain Kursus Orientasi, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Siaga|Penggalang|Penegak|Pandega; Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Siaga|Penggalang|Penegak|Pandega; Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KPD); dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KPL).

Ada masa pengembangan atau tahapan proses setelah mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan untuk mendapatkan lisensi resmi Pembina Pramuka atau Pelatih Pembina Pramuka yang secara berkala diprogramkan oleh Kwartir Cabang.

Usai mengikuti KMD atauy KML, para peserta diberi masa pengembangan yang disebut dengan Narakarya. Sedangkan Masa Pengembangan setelah mengikuti KPD dan KPL dinamakan Naratama. Penyempurnaan ketentuan terkait keduanya tertuang dalam SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak Lilis Suryatin, S.Pd., M.M.Pd – Wakil Kepala Pusdiklatcab Jenggala Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *