Gelaran Prosesi Pindah Golongan Ditutup dengan Kemeriahan Api Unggun Kebersamaan

Pusinfo – Orientasi Tamu Ambalan (OTA) kembali digelar oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan Sidoarjo 01.183 – 01.184 Pangkalan SMK Negeri 1 Sidoarjo, Jum’at (21/07/2023). Kegiatan ini diikuti oleh calon anggota pramuka Ambalan Bung Tomo – Sulistiana sebanyak 432 orang yang juga merupakan siswa-siswi peserta didik baru.

Kak DR. H Mustain Baladan, M.Pd.I selaku Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo berkesempatan membuka acara OTA kali ini. Dalam amanatnya beliau menyampaikan, “Kami mengajak bersama-sama seluruh anggota gerakan pramuka di Sidoarjo untuk terus meningkatkan kegiatan Kepramukaan di gugus depannya masing-masing. Seperti halnya kegiatan OTA kali ini yang merupakan prosesi pindah golongan dari Pasukan Penggalang ke Ambalan Penegak. Sebagai seorang penegak, nantinya adik-adik harus dapat menjalankan Dasa Darma sebagai panduan dan bekal menjalani kehidupan bermasyarakat,” ujarnya menjelaskan di depan seluruh peserta.

Gugus depan yang berada dibawah bimbingan Kak Dhanu Lukmantoro. S Kom, ST, M.M selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan sekaligus sebagai Kepala SMKN 1 Sidoarjo dan Pembina Gudep Kak Kamim, S.Pd ini terbilang cukup maju dan terus melakukan perbaikan serta berbenah didalam pembinaa anggota pramuka yang ada dipangkalan sekolah kejuruan ini. Kak Dhanu demikian beliau akrab disapa, mengatakan, “Melalui kegiatan OTA ini diharapkan menjadi bagian dari upaya penguatan pendidikan karakter untuk anggota pramuka yang ada di SMKN 1 Sidoarjo, selain itu kegiatan ini juga merupakan rangkaian penutup kegiatan MPLS tahun 2023”, tukas beliau menjelaskan.

Dihubungi disela-sela kegiatan, Pembina Satuan – Kak Ariyanto menyampaikan bahwa secara teknis kegiatan ini ditangani oleh adik-adik pengurus Dewan Ambalan Bung Tomo – Sulistiana. Dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa materi kegiatan, diantaranya : Kepenegakan, Teknik Kepramukaan, pentas seni dan ditutup dengan api unggun.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pagi hingga malam hari ini juga merupakan penerapan adat-istiadat atau tradisi ambalan yang terus dijaga keberlangsungannya. Selain memahamkan tentang dunia kepramukaan penggalang, adik-adik juga dikuatkan dengan pengetahuan tentang pramuka penegak yang sebenarnya seperti apa, bagaimana mereka harus menjalani proses perpindahan golongan dari penggalang ke penegak.

Dalam dunia penegak perlu dipahami sebagaimana yang ditulis oleh Bapak Pandu Dunia – Baden Powell of Gilwell dalam bukunya Rovering to Succes atau Mengembara menuju ke kebahagiaan, bahwa tujuan pramuka penegak adalah untuk membentuk manusia sejati yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Selain itu pramuka penegak harus diberikan bekal pengalaman praktek di alam terbuka sebanyak mungkin untuk bekal terbaik mereka menghadapi kehidupan yang sebenarnya. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak Ariyanto – Pembina Satuan SMKN 1 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *