Tanamkan Rasa Cinta Alam dan Kerjasama, Pramuka Penggalang SDN Jemirahan Ikuti Kegiatan Jelajah Alam dan PERSARI

Pusinfo – Gerakan Pramuka pangkalan SDN Jemirahan Kwarran Jabon, Sabtu, 10/06/2023, mengadakan kegiatan jelajah alam yang diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kak Iyan. Dibantu oleh Mahasiswa PPG UNUSA dan mahasiswa Kampus Mengajar dilaksanakan rangkaian kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa cinta alam dan kerjasama.

Setiap tahun SDN Jemirahan aktif mengadakan kegiatan jelajah alam dan perkemahan sehari (PERSARI) bagi pramuka penggalang. Selain untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dari kegiatan latihan pramuka yang sudah dilaksanakan secara rutin. Jelajah alam dan perkemahan sehari diadakan untuk menanamkan rasa cinta alam dan kerjasama.

Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya mengerjakan sandi morse, PBB, membuat tandu, membuat hasta karya dari bahan alam dan kreasi tari lagu wajib. Untuk menambah semangat, diadakan juga ice breaking sedang apa dan games sebutkan nama. Serta reward bagi regu yang memperoleh nilai tertinggi pada masing-masing kegiatan yang telah dilakukan.

Kemudian, pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023 diadakan perkemahan sehari atau PERSARI di lapangan SDN Jemirahan. Meski hanya dilaksanakan dalam sehari, PERSARI ini tak kalah seru dengan PERSAMI. Kegiatan PERSARI diadakan bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, kekompakkan dan Kerjasama.

Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti mengerjakan perintah yang diberikan melalui semaphore, mendirikan tenda, mengerjakan sandi morse dan mendirikan tiang bendera. Agar lebih seru, ada juga permainan sebutkan nama, pindah air dan kuis cerdas cermat. Dan tak terlupakan ciri Pramuka di sini senang di sana senang di mana-mana hatiku senang. Kegiatan diakhiri dengan pemberian apresiasi penghargaan kepada regu terbaik.(Red)

Kontributor, Data & Foto KegiatanKak Nisful Laila – Pembina Pramuka SDN Jemirahan Jabon;
PewartaKak Agus Andrianto (Pusinfo Kwarcab Sidoarjo);
Baca Juga  Lakukan Napak Tilas & Pawai Merah Putih, Pramuka SMPN 1 Krembung Kunjungi Candi Jedong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *