Gelar SMK Antartika 1 Sidoarjo Scout Competition (SKASCOM) Perdana

PusinfoSMK Antartika 1 Sidoarjo Scout Competition (SKASCOM) untuk pertama kalinya digelar, Rabu 14/06/2023 oleh Gerakan Pramuka SMK Antartika 1 Sidoarjo. Lomba ini diperuntukkan bagi anggota pramuka penggalang tingkat SMP/MTs Sederajat se-Kwartir Cabang Sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan membentuk pramuka penggalang yang KIKAR (Kreatif, Inovatif, Kompak, dan Berkarakter).

Melalui kompetisi seperti ini, diharapkan akan dapat meningkatkan ketrampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Kegiatan kali ini diikuti oleh 37 regu, 21 regu putri dan 16 regu putra dari 17 pangkalan SMP/MTs dengan 3 kategori lomba yaitu kategori pertama (Simaphore, Morse, dan Sandi” / SMS), kategori kedua ( Menaksir, melukis, dan Pionering ), kategori ketiga (Jinggle).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Drs. H. TOHIRIN M.Pd. selaku Kamabigus SMK Antartika 1 Sidoarjo, dalam amanatnya beliau menyampaikan “Dengan adanya kegiatan ini saya harap seluruh peserta dapat berkompetisi dengan sportif dan tidak ada kecurangan, mainkan skill semampu kalian yang sudah berlatih dipangkalan“, ucapnya.

Paska upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan lomba kategori pertama yaitu SMS, lalu kategori ke dua yaitu Menaksir, Melukis dan pionering, dan yang terakhir kategori ketiga yaitu Jinggle. Pada mata lomba Melukis peserta diminta untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk membuat poster dengan tema “HARI LAHIR PANCASILA”.

Pada mata lomba Pionering, para peserta diminta untuk membuat tiang bendera dengan beberapa ketentuan yaitu tongkat berjumlah 20 dengan ukuran normal tanpa ada yang dipotong, jumlah tali bebas dengan syarat tali yang dibawah harus dihabiskan tidak boleh ada sisah dan tidak boleh dibawah kembali, masing-masing peserta wajib mengibarkan bendera WOSM untuk putra dan Tunas untuk putri.

Baca Juga  Cerita Pengembaraan Penegak SMAN 1 Porong ke Dusun Terpencil di Sidoarjo

Pada kegiatan lomba ini akan diambil juara per-kategori, juara best jingle dan juara umum, total piala yang diperebutkan sebanyak 26 piala. Untuk pemenang kategori ketiga akan mendapatkan tiket untuk tampil kembali di acara Antartika Fair yang diselenggarakan di Lippo Plaza pada Minggu 18/06/2023 untuk memperebutkan juara Best Jinggle.(Red)

Kontributor, Data & Foto KegiatanKak Wakhid– Pramuka SMK Antartika 1 Sidoarjo;
PewartaKak Uays Hasyim (Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *