Adakan Kembang Sore, Bentuk Scout Company untuk Kembangkan Batik Ecoprint

Pusinfo – Gelaran Kemah Bareng Smenda Scout Rame-rame atau Kembang Sore diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka gugus depan 02.081 – 02.082 pangkalan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Bertempat di Obis Camp Trawas Mojokerto, Sabtu – Minggu (24 & 25/06/2023) diikuti oleh lebih dari 50 orang anggota pramuka aktif, pembina dan alumni.

Peserta perkemahan diberangkatkan oleh Kepala SMK Negeri 2 Buduran Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM selaku Kamabigus. “Melalui kegiatan perkemahan ini tengoklah kelebihan-kelebihan orang lain dan lihatlah kekurangan-kekurangan diri kita sendiri, sehingga kita dapat belajar kepada siapa saja, terutama kepada pembina pramuka kita akan pengetahuan dan pengalamannya untuk menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya”, pesannya sebelum memberangkatkan peserta.

Yang berbeda dari kegiatan perkemahan sebelumnya, kali ini dibentuk Scout Company dalam rangka mendukung program Kwartir Daerah Jawa Timur program pramuka produktif Satu Gudep Satu Produk. Selanjutnya peserta juga dibekali ilmu pengetahuan terkait produk yang nanti akan dijadikan unggulan gugus depan yang dikenal dengan Smenda Scout Lion Campus ini.

Hadir memberikan pelatihan teori dan praktek pembuatan batik Ecoprint Direktur Rahayu Art Candi ibu Rosy Utari Rahayu beserta tim. Seluruh peserta diajarkan secara langsung bagaimana proses pembuatan batik ecoprint yang kali ini dijadikan Tote bag atau tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka dengan dua tali pegangan pada bagian atas.

Proses pembuatan batik ecoprint ini memang terbilang unik dan menarik, sehingga selama proses pembelajaran dengan learning by doing alias praktek langsung menjadikan peserta nampak senang. Hal ini lebih dikarenakan mereka mendapatkan ilmu dan pengalaman baru membuat batik ecoprint.

Dalam kegiatan kali ini juga dilangsungkan Musyawarah Ambalan Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien dengan agenda pemilihan Pradana Putra dan Putri. Terpilih Satria Faruq Putra Pradana dan Ratih Dwi Maulidiah sebagai pradana angkatan tahun 2023 s.d 2024. Turut mendampingi kegiatan kali ini pembina gugus depan Kak Sri Mujiyanah, SH dan tim pembina satuan yang komandani oleh Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC, CPS dan Kak Faria Lutfa, S.Sos.I(Red)

Kontributor, Data & Foto KegiatanKak Hanif Ihsan Satya – Tim Pembina Smenda Scout;
PewartaKak Uays Hasyim (Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *