Bekali Self Leadership, 187 Pramuka Penggalang ditempa dalam Dianpinru

Pusinfo – Sebanyak 187 orang pramuka penggalang ditempa dalam kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Kwartir Cabang Sidoarjo di Bumi Perkemahan Pramuka Tanjek Wagir Krembung Sidoarjo, Sabtu-Minggu (17 s.d 18/06/2023). Dengan mengusung tema Disiplin, Tanggung Jawab, Berprestasi, selama 2 hari 1 malam seluruh peserta berkemah sekaligus menerapkan metode kepramukaan kegiatan di alam terbuka.

“Keberadaan Pemimpin memiliki peran penting dalam sebuah regu pramuka penggalang, disini adik-adik akan ditempa dan disiapkan menjadi calon pemimpin yang handal dimasa yang akan datang, melalui kegiatan ini seminimalnya adik-adik harus memahami Self Leadership – Kepemimpinan bagi diri sendiri, belajar bagaimana mengendalikan diri dan menjadi teladan bagi orang lain”. ungkap Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Kak DR. H. Mustain Baladan, M.Pd.I membuka Dianpinru,

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana kegiatan Dianpinru Kak M. A. Tola selaku Andalan Cabang Urusan Penggalang Putra menyampaikan, “Dari 18 Kwartir Ranting yang ada di Kwarcab Sidoarjo, hanya Kwarran Candi yang tidak mengirimkan perwakilan pesertanya”.

Kegiatan Dianpinru ini memiliki tujuan untuk membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap. Mendorong para pembina pramuka dan pembantu pembina pramuka menerapkan sistem among dan sistem beregu sebaik-baiknya.

Selain itu juga memberi latihan praktek secara praktis kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang, dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.

Seluruh peserta dibekali materi Leadership, teknik Kepramukaan yang meliputi materi Pertolongan Pertama Pada Kecelakan (P3K), cara menggunakan kompas, menaksir dan pembuatan sket panorama. Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh peserta akan lebih cakap untuk mengelola dan memimpin regunya, menyelenggarakan administrasi, keuangan regunya. Dan juga merencanakan, melaksanakan dan mengadakan penilaian atas program kerja serta acara latihan dan kegiatan regunya.

Baca Juga  GERAKAN PRAMUKA ANGGOTA KOMITE PRAMUKA ASIA PASIFIK 2022 – 2028

Selain itu juga didalam membuat laporan tentang pelaksanaan program kerja dan kegiatan regunya, meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dirinya sendiri serta anggota regunya. Membina kerjasama yang baik dalam pasukannya. Serta bermusyawarah secara aktif dalam dewan penggalang di pasukannya, untuk mewakili regunya. (Red)

Kontributor Foto-foto Kegiatan: Kak Faex Lazim – Tim Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo: Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *