Cerita Pengembaraan Penegak SMAN 1 Porong ke Dusun Terpencil di Sidoarjo

Pusinfo – Ada yang menarik diusianya yang ke 24 tahun Ambalan Raden Arjuno-Dewi Suprobowati Gerakan Pramuka Gugus Depan 0461 – 0462 SMA Negeri 1 Porong. Gudep yang didirikan sejak tahun 1999 hingga sekarang ini terus berkiprah melaksanakan pengabdian masyarakat yang diwujudkan dalam kegiatan “Lintas Medan dan Pengabdian Masyarakat.”

Peringatan bertambahnya usia ambalan kali ini kami peringati dengan melaksanakan kegiatan pengembaraan menuju dusun terpencil di Kabupaten Sidoarjo. Dusun Pucukan, Kelurahan Gebang, Kecamatan Sidoarjo menjadi tujuan perjalanan pengembaraan kami selama 2 hari 1 malam.

Menempuh perjalanan kurang lebih 10 km menuju, dibasahi keringat dan diselimuti teriknya matahari tambak. Jalanan berbatu, berlubang, banjir, dan berlumpur kami lewati dengan semangat agar sampai tujuan.

Setelah sampai di Dusun Pucukan kami disambut dengan senyuman hangat masyarakat setempat. Salah satu yang menjadi tujuan kami ke dusun terpencil ini adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan yang kami lakukan diantaranya adalah gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat, dan memberikan pendampingan belajar yang menyenangkan kepada anak-anak yang ada di dusun ini.

Diakhir dari kegiatan kali ini, kami membereskan barang bawaan dan tak lupa berpamitan kepada masyarakat sekitar. Melewati jalan dan rintangan yang sama seperti saat keberangkatan dan ini merupakan suatu pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

‘‘Segala sesuatu yang kita kerjakan seharusnya didasari dengan hati yang ikhlas dan jangan lupa DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal)’’ ujar Kak Elza selaku pembina satuan kami yang ikut mendampingi selama berkegiatan. (Red)

Kontributor KegiatanAbdul Rozaq Saifullah, Anggota Dewan Ambalan Pramuka SMAN 1 Porong;
Pewarta PusinfoKak Uays Hasyim (Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo);
Baca Juga  Pelantikan Pramuka Garuda, Tutup Giat Akhir Tahun 2022 Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *