“Scouting gives young people the confidence to be themselves”

“Pramuka memberikan kepercayaan diri kepada generasi muda untuk menjadi diri mereka sendiri”

Pusinfo – Keterlibatan Pemuda, Lana adalah Pramuka berusia 20 tahun (tabornica) dari Slovenia. Pada usia 16 tahun, ia menjadi pemimpin tim penyelenggara ZOT (Zimsko Orientacijsko Tekmovanje – Kompetisi Orienteering Musim Dingin), sebuah kompetisi Pramuka nasional Slovenia yang diadakan setiap tahun pada akhir pekan terakhir bulan Januari, diikuti oleh sekitar 300 Pramuka dari seluruh negeri (berusia 11 tahun ke atas).

Ketertarikan asli saya pada peran itu dipicu ketika saya masih kecil. Ketika saya berusia sekitar sepuluh tahun atau lebih muda, pemimpin regu saya bertanggung jawab atas kompetisi tersebut. Saat itu, dia adalah panutan yang berpengaruh bagi saya. Saya memandangnya sebagai orang yang baik dan menarik. Selain itu, dia juga seorang pemimpin dan seseorang yang banyak mengajari saya dan mendorong saya untuk menjadi orang yang lebih baik. Namun, dia melakukan ini dengan cara yang sangat ramah. Saya sangat tertarik dengan peran yang dia mainkan dalam regu Pramuka kami.

Saya menjadi bagian dari tim penyelenggara ketika saya berusia 11 tahun, saya semakin menyukai kompetisi. Saya menyukai kemeriahan acara tersebut. Begitu banyak Pramuka berkumpul untuk menguji pengetahuan dan keterampilan orienteering mereka, tetapi pada saat yang sama berteman dari seluruh negeri, melihat yang lama dan menikmati alam. Suasananya luar biasa dan kecintaan saya pada acara tersebut menjadi bagian besar dari diri saya sebagai seorang Pramuka. Pada usia 16 tahun saya mengambil alih kepemimpinan ZOT dan semakin jatuh cinta padanya melalui proses pengorganisasian di bulan-bulan sebelum kompetisi.

Dalam perjalanan pengalaman ini, saya telah belajar banyak. Dari belajar bagaimana memimpin tim yang terdiri dari 30+ sukarelawan, bagaimana membuat mereka semua melihat betapa istimewanya mereka dalam tim dan seberapa banyak mereka berkontribusi pada acara hingga meningkatkan keterampilan komunikasi saya dan memahami cara mengevaluasi pekerjaan kita. Salah satu hal terpenting yang saya sadari adalah bahwa akan selalu ada sesuatu yang tidak berjalan seperti yang Anda bayangkan. Ini terutama benar ketika mengatur sesuatu yang sangat penting. Tetapi kita harus melihat yang baik, tidak terlalu menekankan tentang apa yang bisa atau seharusnya dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Penting untuk berjuang untuk kemajuan, tetapi kita harus bangga dengan apa yang telah kita capai.

Baca Juga  Waka Binamuda Kwarnas : Jamnas XI Tahun 2022 Hemat, Efektif, Efisien, Lebih Menarik, dan Bermutu

Peristiwa di tahun 2021 adalah salah satu kenangan paling tak terlupakan yang saya buat selama lima tahun saya berperan. Akibat pandemi, ZOT harus dilakukan secara daring. Persiapan kompetisi dilakukan secara online dan tim berkompetisi di kota asal mereka di seluruh negeri. Selama acara berlangsung, tim penyelenggara berkomunikasi melalui Discord (Discord adalah VoIP, perpesanan instan dan platform distribusi digital asal Amerika yang dirancang untuk menciptakan komunitas. Pengguna berkomunikasi dengan panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media dan file dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas disebut “server.”) dan telepon dari rumah masing-masing. Berkat bantuan dan kontribusi mereka selama beberapa bulan terakhir, kami berhasil melaksanakan kompetisi. Jadi, saya dan beberapa penitia lainnya berkeliling kampung halaman kami dan mengantarkan kue ke semua orang. Wajah bahagia, terkejut, dan bersemangat mereka akan selalu menjadi kenangan indah akan sesuatu yang bermakna yang telah kita lakukan bersama.

Pramuka memberikan banyak manfaat bagi masyarakatnya. Ini memberi kesempatan kepada kaum muda untuk menjadi diri mereka sendiri dalam lingkungan yang menerima dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi minat mereka dan melakukan hal-hal yang membuat mereka bahagia. Dengan demikian, Kepramukaan memberikan kepercayaan kepada generasi muda untuk menjadi diri sendiri dan berbagi Kepramukaan dengan orang lain. (Red)

Dikutip dari sumber : https://www.scout.org/news/scouting-gives-young-people-confidence-be-themselves

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *