Pusinfo — Setiap satuan mempunyai Tim Pembina yang terdiri atas Pembina dan Pembantu Pembina, khusus untuk Pandega termasuk konsultan ahli. Dari Pembina tersebut ditunjuk salah seorang untuk mengkoordinasikan pembina -pembina lainnya.

Sebagaimana tercantum dalam Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka, Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 231 Tahun 2007, mereka bekerja secara terpadu membangun sinergi untuk meningkatkan kinerja.

Dijelaskan bahwa anggota tim sebaiknya diusahakan terdiri atas orang-orang yang usianya tidak jauh dari usia peserta didik, tapi perlu dimasukkan orang yang berbeda usia yang memiliki cukup pengalaman untuk memberikan kepada yang lain “tinjauan (review)” tentang apa yang akan dihadapi.

Jika tim hanya terdiri atas orang -orang yang lebih tua, kegiatan yang ada akan menjadi kurang dinamis dan akan sulit tercipta hubungan horisontal dengan peserta didik. Atas dasar tersebut, maka tim terdiri atas multi generasi.

Tugas Tim Pembina

Setidaknya ada 4 tugas pokok dari Tim Pembina sesuai dengan petunjuk yang ada, yaitu,

  1. Mengelola satuan
  2. Bertanggungjawab dalam pelaksanaan pendidikan
  3. Mengarahkan untuk tercapainya visi dan misi
  4. Memberikan motivasi melalui contoh pribadi dan dialog dengan peserta didiknya.

Tugas Pembina Satuan

  1. Mengkoordinasikan para pembina dan pembantu pembina satuan sebagai satu tim.
  2. Membina para pramuka dalam satuannya masing-masing berlandaskan Sistim Among.
  3. Mengadakan kerjasama dengan orang tua atau wali pesertadidik, dan berupaya melibatkan mereka dalam pelaksanaan kegiatan serta menjelaskan Prinsip Dasar Kepramukaan khususnya Kode Kehormatan yang melatar belakangi program kegiatan tersebut.
  4. Membangun dan memelihara serta mengembangkan satuannya agar dapat menyelenggarakan program kegiatan sesuai dengan kebutuhan pesertadidik.
  5. Mendorong agar Dewan Satuan bekerja secara efektif.
  6. Bekerjasama, membangun kemitraan dan saling pengertian diantara para pembina satuan dan pembantu pembina.
  7. Memberikan laporan kepada Ketua Gudep tentang perkembangan satuannya.
  8. Berusaha meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya .
  9. Bertanggungjawab kepada Ketua Gudep

Tugas Pembantu Pembina Satuan

  1. Membantu tugas-tugas Pembina Satuan .
  2. Melaksanakan tugas yang d iberikan oleh Pembina Satuan.
  3. Bertanggung jawab kepada pembina satuan.

Unsur Tim Pembina Pramuka

  1. Tim Pembina Perindukan Siaga disingkat Tim Pembina Siaga yang terdiri atas satu orang Pembina Siaga dibantu oleh tiga orang Pembantu Pembina Siaga.
  2. Tim Pembina Pasukan Penggalang disingkat Tim Pembina Penggalang yang terdiri atas satu orang Pembina Penggalang dibantu oleh tiga orang Pembantu Pembina Penggalang.
  3. Tim Pembina Ambalan Penegak disingkat Tim Pembina Penegak yang terdiri atas satu orang Pembina Penegak yang dipilih oleh Majelis Penegak dibantu satu atau dua orang Pembantu Pembina Penegak
  4. Racana Pandega dibina oleh seorang Pembina Pandega dan bila perlu dapat dibantu oleh satu orang Pembantu Pembina Pandega atau lebih sebagai konsultan dan narasumber ahli yang memiliki kepedulian dan dipilih oleh Majelis Pandega. (Red)

Sumber informasi materi : https://pramukadiy.or.id/apa-itu-tim-pembina-satuan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *