Lantik Siaga Mula, Libatkan Orang Tua

Pusinfo – Sabtu, 18/03/2023 para orang tua dari 20 orang anggota pramuka siaga gugus depan 01.001 – 01.002 pangkalan SDN Pucang 1 Sidoarjo dihadirkan untuk turut serta mengikuti prosesi pelantikan kenaikan tingkat Pramuka Siaga Mula. Kehadiran orang tua menjadikan semangat dan motivasi tersendiri bagi pramuka siaga yang dilantik.

Siaga Mula adalah tingkatan pertama Syarat-syarat Kecakapan Umum dalam satuan Pramuka Siaga. Setelahnya baru Siaga Bantu dan Siaga Tata. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata mula dimaknai sebagai “asal, awal, pokok asal, yang paling awal, yang dahulu sekali, waktu (tempat, keadaan, dan sebagainya) yg menjadi pangkal”. Karenanya kemudian Gerakan Pramuka Indonesia menjadikan kata ini sebagai nama tingkatan pertama dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Siaga.

Hal ini mengandung filosofi bahwa saat Pramuka Siaga sebagai golongan pramuka yang paling kecil, mencoba menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Siaga Mula, diibaratkan sebagai awalan atau pangkal dari proses pendidikan kepramukaan yang diharapkan menjadi dasar yang kuat bagi kehidupan peserta didik di kemudian hari.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai tingkat Siaga Mula, calon Siaga harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, diantaranya : Rajin dan giat mengikuti latihan Perindukan Siaga, sekurang-kurangnya 6 kali latihan berturut-turut, Hafal dan mengerti isi Dwi Darma dan Dwi Satya, Dapat memberi salam Pramuka, Tahu arti kiasan warna-warna bendera kebangsaan Indonesia, dan tahu sikap yang harus dilakukan pada waktu bendera kebangsaan dikibarkan atau diturunkan, serta beberapa persyaratan lainnya yang sudah tertulis dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Siaga.

Upacara kenaikan Tingkat Siaga Mula ini diharapkan dapat menjadikan peserta yang dilantik semakin meningkat kemampuannya sehingga mereka dapat menjadi contoh teladan sekaligus kegiatan ini dapat memacu semangat bagi bagi peserta lainnya.

Dilaksanakan di halaman sekolah dan diikuti oleh para kakak pembina dan orang tua yang diundang secara khusus untuk menyaksikan prosesi pelantikan dan ikut menyiramkan air bunga sebagai simbol telah resminya adik-adik menjadi siaga mula. Diharapkan melalui kegiatan yang diadakan ini dapat menjadikan peserta terus bisa melanjutkan ke tingkatan selanjutnya, yakni pramuka siaga bantu dan tata. Sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan menarik dengan menyelesaikan semua Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Siaga tersebut. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *