Pusinfo – Ragam kegiatan Pramuka Siaga menjadi salah satu tantangan bagi para pembina pramuka Siaga untuk terus berkreasi. Menghadirkan inovasi-inovasi kegiatan untuk semakin meningkatkan minat para peserta didik mengikuti kegiatan kepramukaan, terutama di satuan pendidikan gugus depan berbasis pangkalan sekolah.

Begitu juga dengan gugus depan 01.047-01.048pangkalan SDN Lebo Sidoarjo, Jum’at 17/03/2023. ‘’BERSERI ‘’ Berkemah Setengah Hari merupakan satu diantara kegiatan Pesta Siaga yang diikuti oleh 140 peserta Pramuka Golongan Siaga. Memberikan pengalaman bagi setiap pramuka siaga untuk merasakan suasana berkemah meski hanya setengah hari.

Dalam sambutannya, Kepala SDN Lebo Sidoarjo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan – Kak Lilis Suryatin, S.Pd., M.MPd menyampaikan, “Menjadi pramuka siaga harus benar-benar hafal dan mengamalkan Dwi Darma dan Dwi Satya menjadikan pedoman untuk hidup dimasyarakat menjadi teladan yang baik bagi teman dan keluarga, Siaga berbakti pada ayah ibundanya, setiap hari berbuat kebaikan. Berbakti pada orang tua dan selalu berbuat kebaikan dimanapun berada, menyayangi adik dan menghormati kakak serta orang yang lebih tua. Menyayangi serta peduli pada sesama hidup. Selamat bergiat, ikuti kegiatan dengan semangat dan riang,” ujarnya menyemangati peserta.

Usai upacara pembukaan, dilajutkan dengan kegiatan peningkatan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama. Hal ini diwujudkan dengan membagikan 200 nasi bungkus kepada masyarakat yang melewati pertigaan jalan raya Lebo Sidoarjo.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari mengasah jiwa adik-adik agar lebih empati terhadap siapa saja yang membutuhkan, hal ini tentunya akan bermanfaat bagi tumbuh kembang kepribadian mereka menuju proses kedewasaan selanjutnya atau sebagai anak remaja yang tetap memiliki jiwa peduli dengan sesama.

Baca Juga  Festival Mangrove 3, Saka Wanabakti Sidoarjo Ikut Berpartisipasi Hijaukan Pulau Lusi

Dalam pelaksanaan kegiatan Pesta Siaga kali ini, diisi dengan berbagai macam perlombaan yang menarik, menantang dan mengandung pendidikan di alam terbuka. Pesta Siaga merupakan ajang pertemuan yang menyenangkan bagi barung-barung untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, mengembangkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama anggota pramuka siaga.

Selain itu juga mendorong munculnya jiwa gotong-royong, kerja sama dan kemandirian anggota pramuka siaga. Secara keseluruhan, nampak sekali semangat antusiasme para pramuka siaga didalam mengikuti kegiatan ini. Setidaknya, kegiatan Pesta Siaga kali ini akan menjadi pengalaman berharga bagi seluruh peserta terutama merasakan bagaimana masa-masa menjadi pramuka siaga. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *