Ciptakan Pembina Pramuka Handal Melalui KMD Jenggala 214 UNUSIDA

Pusinfo – Kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar merupakan suatu kegiatan Pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan bekal, pengetahuan dasar dan pengalaman praktis dalam membina melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan gugus depan seperti perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalam penegak dan racana pandega.

KMD Jenggala 214 yang diadakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo ini berlangsung selama 6 hari dengan sekenario penyampaian materi pada tanggal 03 s.d 05 maret yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo dan praktik lapangan pada tanggal 10 s.d 12 maret yang bertempat di Villa Cemara Pacet Mojokerto.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 mahasiswa – mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Harian Gerakan pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, kakak DR. H. Mustain Baladan, M.Pd.I pada Sabtu, 04/03/2023 di Aula Tri Satya Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.  

Dalam sambutannya, Kak Mustain menyampaikan bahwa “KMD merupakan sebuah tonggak awal bagi seorang pembina untuk mengasah kemampuannya menjadi pembina pramuka. Kegiatan KMD ini berfungsi untuk mengasah kemampuan seseorang  agar menjadi pembina pramuka yang handal terutama dari mahasiswa-mahasiswi lulusan Fakultas Pendidikan di Univeritas Nahdlatul Ulama Sidoarjo”.

Beliau juga bercerita bahwa semasa beliau duduk di bangku kuliah beliau juga untuk pertama kalinya mengikuti kursus pembina yakni KMD. Kegiatan KMD adalah kegiatan yang luar biasa untuk para calon-calon pembina, terutama dalam memberikan bekal kemampuan teknik kepramukaan bagi para pembina pramuka, bagaimana membina peserta didik dengan upaya-upaya inovatif untuk terus menghadirkan pola pembinaan yang menarik dan berdampak bagi pembangunan karakter peserta didik.

Selain itu, kegiatan KMD ini juga menjadi sarana untuk melengkapi bekal teori pengetahuan kepramukaan bagi para calon-calon pembina pramuka sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas kegiatan kepramukaan di gugus depannya masing-masing, utamanya di wilayah Kwartir Cabang Sidoarjo. Selain itu, KMD juga melatih kemandirian dengan harapan dapat menciptakan profil pembina pramuka masa kini yang hebat dan juga kreatif sesuai dengan perkembangan zaman. (Red)

Kontributor berita oleh : Kak Maulidia Nur Rachmah – Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo;

Baca Juga  Aksi Pramuka Selamatkan Bumi di MPLS SMA Wachid Hasyim 2 Taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *