AKRAB 2024 Tak Terpengaruh Dengan Tidak diwajibkannya Pramuka di Gugus Depan

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Polemik ekstrakurikuler Pramuka yang tidak diwajibkan lagi di Sekolah seolah tak berpengaruh dengan kepramukaan yang ada di gugus depan 02.081 – 02.082 pangkalan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Gugus depan yang familiar disebut Smenda Scout ini tetap menyelenggarakan kegiatan pramuka wajib di sekolah.

Hal ini yang menjadi pertimbangan adalah kegiatan pramuka wajib ini sudah berjalan cukup lama dan terlaksana dengan baik. Pada titik ini, mengapa harus kembali ke awal lagi ? padahal sudah tertata dengan baik dan memberikan dampak manfaat yang luar biasa juga kepada peserta didik yang berbasis pramuka penegak ini.

Sebagaimana telah dilaksanakannya AKRAB 2024 atau Ajang Kompetisi Antar Ambalan ekstrakurikuler pramuka wajib, Jum’at 17/05/2024 di SMK Negeri 2 Buduran. Kegiatan ini merupakan ajang evaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka wajib sekaligus sarana kompetisi antar ambalan yang terdapat 12 ambalan di sekolah vokasi ini.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Gugus Depan, Kak Syamsuddin Chalim, S.Pd, M. Pd ini diikuti oleh seluruh ambalan dengan materi lomba terdiri dari : Pionering, Sandi, PLTG, Mading 3D dan Scout Project. Semua dilaksanakan secara tim yang mewakili ambalan pada setiap lomba yang dikompetisikan secara sehat seru. Ini terbukti dengan berbagaimacam karya-karya mereka yang luar biasa, seperti misalnya Mading 3D dengan tema Tapak tenda perkemahan.

Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang kepramukaan dan ilmu pengetahuan. Selain itu juga untuk mempraktekan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki yang diperoleh selama latihan di gugus depan, serta melatih kekompakan antar anggota pramuka.

Diharapkan kegiatan ini juga menjadi wahana pengembangan minat dan bakat dibidang kepramukaan yang juga merupakan pelaksanakan program kerja tahunan Smenda Scout. Disetiap mata lomba disediakan 3 piala kejuaraan dan piala juara 1, 2 dan 3 dengan hadiah yang menarik selain piala serta piagam untuk ambalan pemenang. [Red]

Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *