Peringati Hari BP & Tunas, Kwarcab Diskusi Gayeng Bersama “Perwakilan WOSM”

Pusinfo – Hari Tunas yang jatuh pada tanggal 09 Maret diperingati satu rangkaian kegiatan dengan Hari Baden Powell yang tepat tanggal 22 Februari 2023. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan dan pengingat akan jasa-jasa para pendiri gerakan pramuka dunia maupun Indonesia ini, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka mengajak melalui himbuan yang dikirimkan kepada Kwartir Ranting untuk melaksanakan kegiatan peringatan hari istimewa bagi gerakan pramuka tersebut.

Secara pelaksanaan kegiatan yang terlaporkan kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo melalui Pusinfocab Sidoarjo, lebih dari 90 gugus depan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Dari mulai pangkalan SD/MI, SMP/Mts sampai dengan SMA/SMK Negeri/Swasta yang kegiatan pramukanya aktif serta terus melaksanakan latihan.

Jika masing-masing gugus depan memberdayakan 25 – 50 orang bahkan ada yang sampai 400 orang pramuka, maka diambil rata-rata 50 orang x 95 gugus depan maka lebih dari 4.750 orang pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega dan pembina yang bergerak serentak membuat perubahan dan kebaikan dalam rangka kegiatan tersebut.

Setiap gugus depan melaksanakan 3 macam kegiatan, yakni : bersih-bersih area gudep, berbagi nasi bungkus kepada yang membutuhkannya, sarasehan pramuka tentang BP & Hari Tunas. Bahkan ada beberapa gugus depan yang menyelenggarakan lomba mewarnai gambar Baden Powell, membuat puisi tentang Baden Powell dan tunas kelapa.

Selain itu, gerakan pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo juga menyelenggarakan kegiatan Tasyakuran dalam rangka Hari Baden Powell dan Hari Tunas, Kamis 09/03/2020 di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo dengan tumpengan bersama beberapa Andalan, Pembina dan pelatih, pengurus DKC dan anggota BP-1315.

Menariknya, para peserta diminta berpakaian ala Baden Powell dimana salah satu anggota DKC ada yang menggunakan batik dengan scraft ungu WOSM. Dalam diskusi yang dipandu oleh Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo – Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC, CPS terlihat gayeng dengan jok-jok segar, termasuk menyampaikan bahwa kegiatan kali ini dihadiri oleh “Perwakilan WOSM” yang sebenarnya salah satu anggota DKC Sidoarjo.

Baca Juga  Saka Kalpataru Perkuat Jiwa Peduli Lingkungan Pramuka Penegak Sidoarjo

Kegiatan ini akan terus digaungkan menjadi kegiatan rutin tahunan dan berdampak luas kepada seluruh warga pramuka yang berada di wilayah Kwartir Cabang Sidoarjo. Tentu dari kegiatan ini diharapkan akan dapat meneladani sifat dan sikap para pendiri pramuka dunia dan bapak pramuka Indonesia ini.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *