11+ Kerajinan Dari Tempurung Kelapa Yang Mudah Dibuat

Pusinfo – Dilansir dari adahobi.com, Tempurung kelapa atau yang lebih dikenal sebagai batok kelapa merupakan bagian yang keras dari buah kelapa yang memisahkan antara daging buah dengan serabut kelapa. Karena buah kelapa biasanya hanya diambil air dan daging buahnya, biasanya bagian serabut dan tempurung kelapa ini hanya dijadikan sebagai bahan bakar. Padahal, tempurung kelapa dapat disulap menjadi kerajinan dari tempurung kelapa yang menarik dan bernilai ekonomi tinggi.

Hal ini dapat terjadi karena tempurung kelapa memiliki corak alami yang khas layaknya kayu sehingga hanya membutuhkan sedikit polesan. Kerajinan tangan yang terbuat dari tempurung kelapa adalah sebagai berikut :

1. Tas Tradisional dari Tempurung Kelapa

tas dari tempurung kelapa
lemkayu.net

Salah satu kerajinan yang dapat dibuat dari tempurung kelapa adalah tas tradisional. Meski disebut tas tradisional, nyatanya bentuk dan tampilan tas yang terbuat dari tempurung kelapa sudah cukup modern. Namun, tas dari tempurung kelapa terkesan tradisional dan sederhana karena penggunaan tempurung kelapa sebagai bahan utamanya.

Tas tempurung kelapa ini dapat dibuat dengan cara memotong tempurung kelapa dan membentuknya agar seragam (misalnya bentuk lingkaran). Selanjutnya, setiap bagian tersebut dijalin atau disusun hingga membentuk tas sesuai dengan dengan desain yang diinginkan.

2. Mangkok dari Tempurung Kelapa

Mangkok dari tempurung kelapa
pinterest.com

Selain dapat dibuat menjadi tas, tempurung kelapa juga dapat dibuat menjadi peralatan makan seperti mangkok. Dibanding cara membuat tas dari tempurung kelapa, cara membuat mangkok dari tempurung kelapa ini lebih mudah.

Pasalnya, tempurung kelapa sudah berbentuk bola. Untuk menjadikan kerajinan yang mudah dibuat ini menjadi mangkok. Tempurung kelapa hanya perlu dipotong menjadi dua bagian dengan perbandingan 60:40 di mana bagian yang besar digunakan sebagai badan mangkok dan bagian yang kecil untuk kaki mangkok.

3. Kerajinan Asbak dari Tempurung Kelapa

Kerajinan asbak dari tempurung kelapa
tokopedia.net

Tempurung kelapa juga dapat dijadikan sebagai asbak. Kerajinan dari tempurung kelapa ini dapat dibuat dengan cukup mudah walau tidak semudah membuat mangkok. Tentunya, tingkat kesulitan ini sangat tergantung dari desain asbak yang ingin dibuat. Semakin rumit desainnya, semakin tinggi pula tingkat kesulitannya.

Untuk membuat asbak sederhana dari tempurung kelapa, kamu hanya membutuhkan sebutir tempurung kelapa, gergaji besi, ampas, baut, cat, serta bor kayu. Tempurung kelapa harus diamplas terlebih dahulu hingga halus dan bersih, baru kemudian dipotong menjadi dua bagian, yaitu bagian yang lebih besar dan bagian yang lebih kecil.

Seperti saat membuat mangkok, bagian yang besar digunakan sebagai tubuh utama, yaitu tempat untuk abu rokok sementara bagian yang lebih kecil untuk kaki asbak.

4. Kerajinan Lampu Lias dari Tempurung Kelapa

Kerajinan lampu hias dari tempurung kelapa
kemensos.go.id

Kerajinan yang terbuat dari tempurung kelapa salah satunya adalah lampu hias. Lampu hias ini dapat dibuat dengan cara membuat pola pada tempurung kelapa kemudian melubangi tempurung kelapa sesuai dengan pola tersebut. Pola yang dibuat dapat bervariasi mulai dari yang paling mudah seperti lingkaran (sama besar) yang disebar secara merata hingga pola yang lebih rumit.

Setelah tempurung kelapa selesai dilubangi, kamu dapat menambahkan lampu di dalamnya.

5. Celengan dari Tempurung Kelapa

Celengan dari tempurung kelapa
shopee.co.id

Celengan dari tempurung kelapa dapat dibuat dengan menggunakan tempurung kelapa utuh sebagai bahan pembuatannya. Tempurung kelapa ini kemudian diberi lubang untuk memasukkan koin atau uang kemudian diberi tambahan aksesoris seperti mata, sayap, kaki, dan paruh tergantung dari desain celengan yang akan dibuat.

Celengan dari tempurung kelapa ini dapat dibuat menjadi berbagai bentuk mulai dari binatang seperti sapi, babi, kucing, kura-kura, burung, sampai buah. Meski cara membuatnya cenderung mudah, celengan yang terbuat dari tempurung kelapa tetap membutuhkan perlakuan khusus layaknya kerajinan dari tempurung kelapa yang lain, yaitu perlu diamplas hingga halus dan bersih, serta dilapisi vernis agar tampilannya mengilap dan lebih menarik.

6. Kancing Baju dari Tempurung Kelapa

Kancing baju dari tempurung kelapa
shopee.co.id

Benda lain yang dapat dibuat dari tempurung kelapa adalah aksesoris wanita yang berupa kancing baju. Cara membuat kancing baju dari tempurung kelapa ini terbilang mudah karena terdapat alat khusus yang digunakan untuk memotong tempurung kelapa yang akan dijadikan kancing.

Penggunaan alat ini dilakukan agar kancing baju yang dihasilkan ukurannya seragam. Setelah dipotong sesuai ukuran, calon kancing baju tersebut akan diamplas kemudian diberi lubang layaknya kancing biasa.

7. Gantungan Kunci dari Tempurung Kelapa

Gantungan kunci dari tempurung kelapa
adahobi.com

Kerajinan dari tempurung kelapa yang lain adalah gantungan kunci. Kerajinan ini dapat dibuat dengan desain yang beragam. Oleh karena itulah tingkat kesulitannya pun bisa berbeda-beda. Cara membuat gantungan kunci dari tempurung kelapa yang pertama adalah dengan menggambar bentuk gantungan kunci yang diinginkan pada tempurung kelapa.

Selanjutnya, baru dipotong sesuai dengan desain tersebut, diamplas, serta diberi lubang sebagai tempat gantungan.

8. Cangkir Minum dari Tempurung Kelapa

Cangkir minum dari tempurung kelapa
slatic.net

Cangkir minum dari tempurung kelapa jika dilihat sekilas tampak tidak jauh berbeda dari mangkok yang terbuat dari tempurung kelapa. Ini karena cara membuatnya pun hampir sama, yaitu dengan memotong tempurung kelapa menjadi dua bagian kemudian mengolahnya agar menjadi cangkir minum.

Prosesnya mungkinagak sulit karena sifat tempurung kelapa yang keras. Namun, jika dilakukan dengan baik, cangkir minum yang indah dapat dihasilkan.

9. Kerajinan Perahu Layar dari Tempurung Kelapa

Kerajinan perahu layar dari tempurung kelapa
tokomesinkelapa.com

Tergantung kreativitas pengrajin, tempurung kelapa juga dapat disulap menjadi kerajinan yang berbentuk perahu layar. Meski tampaknya rumit, cara membuatnya ternyata cukup mudah. Kamu hanya memerlukan beberapa bahan seperti tempurung kelapa, sabut kelapa, amplas, bambu, lem kayu, dan vernis.

Untuk memotong tempurung kelapa, dibutuhkan gergaji besi.  Potong tempurung kelapa sesuai dengan desain perahu layar yang diinginkan dan gunakan bambu untuk membuat tiang kapal. Selanjutnya, amplas terlebih dahulu baru kemudian dirangkai sesuai dengan keinginan.

10. Kotak Tisu dari Tempurung Kelapa

Kotak tisu dari tempurung kelapa
tokopedia.net

Kotak tisu dari tempurung kelapa dapat dibuat dengan cara mengamplas dan memotong bahan tersebut menjadi bagian-bagian kecil terlebih dahulu, mirip seperti saat akan membuat tas dari tempurung kelapa. Selanjutnya, siapkan bahan lain yang akan digunakan untuk membuat kotak tisu, yaitu kardus yang dibentuk dengan menjadi kotak tisu dengan ukuran tertentu.

Siapkan pula tali dari pelepah daun pisang sebagai hiasan. Setelah potongan tempurung kelapa divernis, lem potongan-potongan tersebut hingga menutupi kardus kotak tisu. Selanjutnya, hias kotak tisu tersebut menggunakan tali pelepah daun pisang.

11. Teko Air dari Tempurung Kelapa

Teko air dari tempurung kelapa
pinterest.com

Teko air dari tempurung kelapa dapat dibuat menggunakan tempurung kelapa utuh dan kayu untuk gagangnya. Tempurung kelapa tersebut dipotong dengan perbandingan 70 (badan teko) dan 30 (tutup teko). Gunakan amplas untuk membersihkan dan menghaluskan tempurung kelapa, kemudian buat bagian pegangan dan mulut teko menggunakan kayu.

Pastikan untuk melubangi kayu yang akan dijadikan mulut teko. Jika sudah, tempelkan semua bagian tersebut dengan menggunakan lem hingga membentuk teko air dari tempurung kelapa yang unik.


Itulah tadi beberapa contoh kerajinan dari tempurung kelapa sederhana yang mudah dibuat dan dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi. (Sumber informasi : https://adahobi.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *