KaKwarcab Buka Perguma Sako Ma’arif NU Sedati

Pusinfo – Perkemahan gugus depan Ma’arif atau Perguma adalah merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Gudep Satuan Komunitas Ma’arif NU Sedati. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at sampai dengan Sabtu tanggal 21-22 Januari 2023 di lapangan sepak bola alas tipis Desa Pabean Kecamatan Sedati. Ketua Kwartir Cabang Sidoarjo kakak H. Subandi, SH turut hadir dan menjadi pembina upacara pembukaan perguma Sako Ma’arif NU Sedati.

Dalam sambutannya kak. Subandi, SH menekankan pentingnya Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda. Untuk menguatkan mental moral generasi muda diperlukan kerjasama berbagai pihak termasuk Gudep Sako. Untuk itu gugus depan Sako harus membuka diri bekerjasama berkolaborasi berkomunikasi dengan pengelola Gerakan Pramuka yaitu kwartir di wilayahnya.

Potensi gugus depan Sako Ma’arif NU sangatlah besar, sehingga menjadi wadah strategis untuk membina generasi muda. Melalui Perguma diharapkan memberikan pengalaman dan wawasan dalam bidang kepramukaan maupun memupuk tali silaturrahmi. Turut hadir dalam upacara pembukaan kegiatan para pengurus Kwarran Sedati, ketua LP Maarif NU Sedati beserta jajarannya, pengurus Gudep Sako NU Jatim dan para Kamabigus gudep Sako Madrasah Ibtidaiyah.

Sesuai AD/ART Gerakan Pramuka, untuk mendidik generasi muda yang kuat mental, moral, fisik, pengetahuan dan ketrampilan serta pengalaman dengan dilandasi sistem among maka dibentuklah gugus depan berbasis profesi, aspirasi dan agama baik berada di satuan Pendidikan maupun berada di komunitas.

Gugus Depan Sako Ma’arif NU Sedati yang didukung Gudep di satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah adalah sumberdaya yang luar biasa. Dalam penyampaiannya kak Hamidah, MS selaku Ketua Kwarran Sedati yang ditemui disela-sela upacara pembukaan berharap gugus depan Sako Ma’arif NU dapat ikut bersama-sama bergabung dalam payung organisasi secara struktur, yakni Karran Sedati guna menyemarakkan kegiatan kepramukaan diwilayah Kwartir Ranting Sedati. Hal ini sesuai dengan SK Kwarnas Nomor 177 tahun 2012 tentang petunjuk penyelenggaraan Satuan Komunitas Pramuka, tambahnya.

Sementara menurut kak Muminin, S.Ag, M.Ag selalu Ketua LP Maarif NU Sedati yang sekaligus penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pramuka Sako Ma’arif NU Sedati sudah lama vakum apalagi sejak pandemi Covid-19. Melalui Perguma 2023 ini diharapkan menjadi titik awal kebangkitan pembinaan Pramuka di Sako Ma’arif NU Sedati. Seluruh Gudep Sako turut berpartisipasi menjadi peserta Perguma Sako Ma’arif NU Sedati kali ini. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya dari Kwarran Sedati.

Ketua panitia perguma kak Siti Rukoiyah ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan Perguma ini kali peserta gugus depan Sako akan berkompetisi dalam sembilan jenis lomba yaitu KIM, Pionering, PBB bertongkat, Ketangkasan, SMS, Jinggel, Kebersihan tenda dan Pensi. Perebutan tropi kejuaraan akan dilaksanakan secara ketat dan terbuka melalui mekanisme penjurian dan menghadirkan juri dari luar sehingga dijamin independensi dan netralitasnya, tegas kak Siti. Kualitas peserta dalam lomba akan ditentukan oleh keberlangsungan pembinaan peserta didik di Gugus depan. Selamat berlomba. (Red)

Kontributor oleh : Kak Fadeli – Andalan Ranting Sedati;

Editor oleh : Tim Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.