Saka Bakti Husada Taman Bekali Anggotanya Semangat GERMAS

Pusinfo – Satuan Karya Bakti Husada Kwarran Taman yang berpangkalan di Puskesmas Taman Sidoarjo menggelar latihan mingguan di Aula Amarrylis Puskesmas Taman – Minggu, (22/01/2023). Latihan ini sebagai bagian dari proses pendidikan berbasis Krida Kesehatan, pada kesempatan ini SBH Taman bekerja sama dengan bidang Promosi Kesehatan (Promkes)Puskesmas Taman mengadakan latihan mengenai Krida PHBS dengan materi penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan Sekolah dan Rumah.

Kegiatan ini disampaikan langsung oleh Kak Nur Afidah Novitasari, S.Km. selaku Staff Promkes Puskesmas Taman yang juga sebagia Pamong Saka Puteri di SBH Taman. Walaupun latihan ini diselengarakan bertepatan dengan momen libur panjang perayaan Imlek hal ini tidak menyurutkan semangat dari 10 Peserta yang mengikuti kegiatan pada pagi hari ini.

Diawali dengan aktivitas fisik berupa Senam yang bisa dilakukan di dalam ruangan menjadikan latihan ini spesial karena merupakan implementasi dari program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Beberapa peserta mengatakan bahwa selama ini mereka sering mengetahui apa itu GERMAS namun dalam pelaksanaan di kehidupan sehari-hari, aktifitas fisik yang menjadi bagian dari program tersebut seringkali kurang dari 30 menit dalam pelaksanaan nya. Bersama dengan SBH Taman ini diharapkan setiap peserta atau anggota bisa menjadi Role model dalam pelaksanaan hidup sehat.

Dalam rangka penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolah dan rumah juga menjadi atensi dari materi ini karena berkaitan dengan budaya cuci tangan yang masih kurang maksimal, kemudian konsumsi makanan yang tidak sehat berupa makanan ringan yang kurang higenis, sorotan sanitasi toilet yang kurang sehat juga menjadi hal yang perlu diketahu oleh anggota SBH sebagai dampak dari minimnya perhatian pada sektor tersebut.

Melalui budaya hidup sehat bisa menjadikan pribadi dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat. Sehingga kesehatan menjadi investasi penting dalam menjalankan kehidupan sehari hari. Melalui latihan ini peserta diajak untuk berpraktik seperti tata cara mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan ruang kelas dan kamar tidur dirumah.

Tak lupa juga ikut memonitoring dan melakukan upaya pencegahan demam berdarah sedini mungkin, selain itu juga melalui diskusi interaktif untuk mengetahui budaya remaja dalam kebersihan sehari hari. Yang nantinya itu akan menjadi program sosialisasi mendatang di masyarakat. (Red)

Kontributor oleh : Kak Anwaruddin Al Wafi – Ketua Dewan Saka Bakti Husada Kwarran Taman

SBH TAMAN | SINERGIS – PROGRESIF – KREATIF |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.