Adakan OTA, Pramuka SMA Negeri 1 Porong Ajak Lestarikan Budaya

Pusinfo – Gugus Depan 04.61- 04.62 Pangkalan SMA Negeri 1 Porong mengadakan kegiatan Orientasi Tamu Ambalan (OTA) dalam rangka menyambut peserta didik baru kelas 10 (Jum’at s/d Sabtu, 13 – 14/01/2023). Dengan mengusung tema “Bersama Gerakan Pramuka, Lestarikan Kekayaan Alam dan Keanekaragaman Budaya”.

Di awali dengan penampilan show off P3K (Pramuka, Paskibra, PMR Kolaborasi) dan Semaphore Dance yang diiringi musik dari tim patrol pramuka. Kolaborasi ini sudah dilakukan dari tahun ke tahun dan masih terus dilakukan hingga saat ini.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Waka Bidang Binawasa Kwarcab Sidoarjo Kak Dr. Abdul Munif, MM didampingi oleh Kamabigus SMA Negeri 1 Porong Kak Dra. Nina Dwi  Suryani, M.Pd. Turut hadir dalam kegiatan kali ini Sekretaris Camat Porong, Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo, Kakwaran Porong, Ketua dan anggota DKC Sidoarjo serta Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Porong.

Diikuti oleh 403 peserta pramuka dan 6 orang pembina pramuka. Dengan ketua pelaksana dari anggota Mabigus yaitu Kak Nur Mazidah, M.Pd. Pembukaan kegiatan kali ini ditandai dengan penyematan tanda peserta, pelepasan 3 pasang burung dara dan pelepasan balon.

Selama 2 (dua) hari, para peserta diberikan berbagai macam materi dan kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia. Selain upacara pembukaan, materi yang diberikan diantaranya : kepramukaan, kepemimpinan, dan pramuka di era modern. Tidak lupa juga dilaksanakan upacara penyalaan api unggun dimalam hari, senam pagi dan scout games.

Sebelum kegiatan OTA ini, peserta juga telah membuat taman mini dengan metode raise bed dengan menanam berbagai macam jenis sayuran, seperti sayuR kangkung, sawi, pakcoy, bayam, cabai, dan terong. Paska membuka kegiatan, Kak Dr. Abdul Munif, MM juga ikut serta menanam cabai di lahan raise bed yang sudah disiapkan oleh panitia. Taman mini ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang nantinya akan terus dijalankan oleh peserta kelas 10 hingga panen.

Secara teknis kegiatan, peserta dibagi menjadi 50 sangga yang terdiri dari 30 sangga putri dan 20 sangga putra. Melalui kegiatan kali ini diharapkan seluruh peserta yang terlibat acara mampu melestarikan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya serta mampu menerapkan Dasa Darma Pramuka dilingkungan keluarga maupun sekolah serta masyarakat.(Red)

Kontributor oleh : Kak Elza (Pembina Satuan Putri Pramuka SMA Negeri 1 Porong);

Editor oleh : Tim Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.