Bekali Ilmu Kepemimpinan, Smenda Scout Adakan DIANPINSA, PDA dan JEDAR 2022

Pusinfo – Smenda Scout atau Gerakan Pramuka Gugus Depan 02.081 – 02.082 yang berpangkalan di SMKN 2 Buduran menyelenggarakan 3 kegiatan sekaligus dalam satu momen. Kegiatan ini berupa Gladian Pimpinan Sangga – DIANPINSA, Pemantapan Dewan Ambalan – PDA dan Jelajah Desa Sehari – JEDAR. Ketiga kegiatan ini merupakan sebuah rangkatan Scout Leadership Training yang rutin dilaksanakan oleh Smenda Scout setiap tahunnya, Sabtu s.d Minggu, 17 – 18/12/2022.

Pelaksanaan kegiatan kali ini diawali dengan pembukaan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang sekaligus Kepala SMKN 2 Buduran Sidoarjo,  Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM yang didahului dengan Pelantikan Pengurus Dewan Ambalan, Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan TKK. Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat dengan rangkaian sesuai dengan adat istiadat ambalan Teuku Umar Cut Nyak Dhien.

Dalam sambutannya, Kamabigus menyampaikan bahwa anggota Pramuka yang ada di SMKN 2 Buduran harus bisa menjadi contoh kawan-kawan yang lainnya. Karena pramuka tentunya telah betul-betul hafal dan menerapkan Dasa Darma Pramuka yang menjadi acuan dalam berkehidupan seorang pramuka. Melalui gerakan pramuka diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas dan berkarakter. Hal ini harus juga didukung dengan menerapkan 3 M prinsip perubahan, yaitu M-ulai dari Sekarang, M-ulai dari diri sendiri dan M-ulai berubah.

Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini, juga hadir bergabung mengikuti kegiatan Scout Leadership Training 10 orang pramuka penegak dari gugus depan pangkalan SMK Sabilur Rosyad Sidoarjo. Kegiatan DIANPINSA dan PDA ini dititik beratkan pada 3 materi pokok, yakni Dinamika Kepenegakan yang disampaikan oleh Kak Sri Mujiyanah, SH yang juga Andalan Cabang Urusan Penegak Putri.

Materi kedua bertajuk Rover Scout Leadership yang dibawakan oleh kak Hanif Ihsan Satya, CT. HLC yang merupakan alumni Smenda Scout sekaligus Profesional Trainer HOLCI – Holistiq Training Center Indonesi (Sebuah Lembaga Profesional Training SDM). Tak kalah menariknya dengan materi sebelumnya, materi ketiga – Manajemen Organisasi diberikan oleh Kak Aprilia Kusuma Ningrum yang juga alumni Smenda Scout sekaligus Protokol Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DKR Buduran.

Kegiatan yang juga menjadi sarana rekreasi pada rangkaian kegiatan kali ini, yakni JEDAR atau Jelajah Desa Sehari. Kegiatan ini ditahun sebelumnya dilaksanakan di luar Sidoarjo, khusus untuk tahun ini diadakan di dalam kota Sidoarjo. Hal ini dimaksud untuk kembali mengenali potensi-potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo.

Yang menjadi tujuan kegiatan JEDAR kali ini diantaranya Candi Pari, Candi Sumur Porong dan Kampung Lali Gadget Pagerngumbuk Wonoayu. Di Candi Pari dan Sumur, peserta belajar mengenal sejarah masa silam yang telah diukir oleh para pendahulu kita dengan mengulas sejarah akan kedua candi tersebut. Hal ini dimaksudkan agar generasi muda tidak sampai lupa bahkan tidak mengetahui sejarah bangsanya yang begitu luar biasa dimasa lampau.

Sedangkan di Kampung Lali Gadget – KLG, peserta diajak untuk bermain berbagai permainan tradisional yang dipandu langsung oleh pendiri KLG – Kak Irfandi yang juga aktif sebagai anggota Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo. Melalui berbagai permainan tradisional ini, setiap peserta diajak untuk melupakan sejenak akan kecanduan gadget yang selama ini mereka alami serta kembali mengulik-ulik berbagai ketrampilan yang masih kita warisi dari para pendahulu kita yang luar biasa.(Red)

Kontributor oleh : Tim Jurnalis Smenda Scout;

Diedit oleh : Tim Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.