#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Gugus Depan Ramah Lingkungan Jadi Fokus OTA Ke – XV Pramuka SMA Wachid Hasyim 2 Taman

Pusinfo – Jumat (28/10/2022). Orientasi Tamu Ambalan ke-XV Ambalan Wahid Hasyim – Nyi Ageng Serang berjalan sukses, kegiatan yang berlangsung tanggal 28 s.d 29 Oktober 2022, didalam sekolah itu dipilih karena memang bukan lain hanya untuk mengutamakan kenyamanan peserta karena bisa terbilang acara berlangsung cukup lama.

Kegiatan dimulai dengan rentetan kegiatan pertama yaitu adalah upacara pembukaan Orientasi Tamu Ambalan yang bertepatan di lapangan SMA Wachid Hasyim 2 taman dan upacara dibuka langsung oleh Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo yaitu Kak DR. Mustain Baladan, M.Pdi. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh siswa-siswi SMA Wachid Hasyim 2 Taman, kelas X yang berjumlah sekitar 489 anak.

“Kegiatan Orientasi tamu ambalan ke – XV merupakan dampak positif bagi pramuka penegak, karena merupakan salah satu kegiatan yang di nantikan calon penegak”. Ujar kak Mustain baladan selaku Ketua harian Kwarcab Sidoarjo. Ketua pelaksana kegiatan kali ini yang juga Pemangku adat ambalan putra
yaitu kak M. Raditya, Menyampaikan bahwa, tema kegiatan ini adalah Membangun semangat generasi muda dengan peduli alam lingkungan guna memperkokoh jati diri yang bertanggung jawab.

Kegiatan OTA Ke – XV cukup spesial karena beberapa yang hadir adalah tokoh-tokoh yang keren dalam bidangnya. Sebut saja para pemateri yaitu kak Bram dari tunas hijau dan materi publik speaking yang merupakan Founder Youthspeakup.id oleh kak Agus Andrianto yang bisa dibilang beliau berdua memiliki jam terbang yang cukup tinggi dimasing-masing bidangnya. Tentu saja dalam kegiatan kali ini banyak mengasah kreativitas peserta dengan diadakannya pentas seni dan fashion show dari daur ulang diharapkan para peserta bisa mengolah bahan yang telah terbuang/tak terpakai memiliki nilai seni yang tinggi jika dibuat kerajinan baju untuk fashion show.

Gugus depan yang berpangkalan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman juga memiliki tradisi Gudep Ramah lingkungan. Sampah yang di hasilkan peserta di kumpulkan langsung dalam Polybag. Dan tidak menjadi barang sisa yang tidak berguna. Karena di lapangan SMA Wachid Hasyim 2 Taman ada biopori yang dapat di fungsikan untuk pembuatan pupuk organik dan menyerap air Ketika hujan tiba.

Kegiatan OTA kali ini diharapkan menjadikan pramuka penegak di SMA Wachid Hasyim 2 Taman lebih berkualitas dan membentuk karakter pramuka penegak lebih baik lagi, jika mengutip lagi pesan yang disampaikan oleh Kak Mustain Baladan pada saat upacara pembukaan.

“Di pramuka itu ada unggah-ungguh seperti dasar darma yang pertama yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa di antaranya adalah ada unggahungguh, di pramuka itu di pramuka yang junior tidak boleh melawan kepada senior, begitu juga sebaliknya yang senior tidak boleh seenaknya kepada yang
junior mangkanya itu di adakannya Orientasi Tamu Ambalan”
ucap kak Mustain.

Yang pada intinya adalah Orientasi Tamu Ambalan ini diadakan sebagai sarana penerimaan anggota baru oleh dewan ambalan sekaligus perpindahan golongan para peserta didik dari penggalang ke penegak. Dan juga dijadikan sebagai ajang agar para peserta ini dapat mengerti apa pentingnya hal-hal kecil yang berdampak, seperti mencintai lingkungan dan cara menjadi seorang yang kuat mental dalam hal publik speaking yang di rasa sangat penting dizaman sekarang ini. (Red)

Kontributor oleh : Kak Ayu, Kak Ana dan Kak Sahrul (Tim Jurnalistik Pramuka)

Editor oleh Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo : Kak A Andrianto, S.Kom

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.