#RebrandingPramuka Berita Satuan Karya

300 Penegak Se-Jawa Timur Ikuti Perkemahan Saka Wira Kartika Daerah

Pusinfo – Saka Wirakartika Daerah Jawa Timur mengadakan kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wirakartika Tingkat Daerah yang diselenggarakan oleh Kodam V Brawijaya tahun 2022 di Pusat Latihan Rindam Jaya Desa Sidodadi Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Kegiatan yang diikuti lebih dari 300 peserta tersebut berlangsung selama dua hari yakni Jum’at – Sabtu tanggal 14-15 Oktober 2022.

Dibuka oleh Wa-Aster Kodam V/Brawijaya Letnan Kolonel Inf La Ode M. Nurdin, S.Sos., M.I.Pol, kegiatan berlangsung sangat meriah. Perwakilan dari Kwartir Cabang Sidoarjo sebanyak 8 orang pramuka penegak yang terdiri dari 4 orang penegak putra dan 4 orang penegak putri yang kali ini diwakili dari Saka Wirakartika Koramil Porong.

Terdapat 5 Krida yang ada di Saka Wirakartika yaitu Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana, Krida Mountaineering, Krida Pioneering dan Krida Navigasi Darat. Untuk mendapatkan materi dari masing-masing krida, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai letak kampung berdasarkan nomor Korem. Tidak hanya sekedar diberikan materi, namun peserta juga kami diberi kesempatan untuk praktik langsung dengan dibimbing oleh instruktur masing-masing krida.

Kegiatan perkemahan akan lebih lengkap rasanya manakala hari telah memasuki malam, acara diisi dengan api unggun dan beberapa penampilan pentas seni. Di perkemahan Saka Wirakartika kali ini ditampilkan tarian kuda lumping, kesenian pencak silat, drama dan seni lainnya guna menghibur seluruh warga perkemahan sekaligus juga membangung kebersamaan. Berbagai penampilan karya seni ini juga menjadi penanda atau ciri khas dari masing-masing daerah.

Sebelum apel penutupan kegiatan, para peserta dikumpulkan menjadi satu diruang kelas untuk makan bersama dan sekaligus penyambutan Pimpinan Saka Wirakartika Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar tidak goyah dan tetap berjuang untuk persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian acara dilanjutkan dengan apel penutupan kegiatan perkemahan.(Red)

Kontributor dan Foto-foto kegiatan : Kak Seno H – Andalan Cabang Urusan Satuan Karya

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.