#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

23 Tahun Berkiprah Membina Pramuka Penegak

Anniversary Smenda Scout (Pramuka SMKN 2 Buduran) yang ke – XXXIII Tahun 2022

Pusinfo – Gerakan Pramuka yang ada di pangkalan SMKN 2 Buduran genap berusia 23 tahun, didirikan pada tanggal 26 September 1999. Sebuah perjalanan panjang bagi gerakan pramuka yang berpangkalan di gugus depan yang sebelumnya bernama SMEAN (Sekolah Menengah Ekonomi Atas Negeri) Sidoarjo ini. Oleh karenanya disingkat Smenda Scout alias Pramuka SMEAN, hingga sekarang meski telah berubah menjadi SMKN sebagai salah satu sekolah vokasi favorit di Kabupaten Sidoarjo.

Sebelum era tahun 1999 sebenarnya semenjak tahun 1986 Pramuka di SMKN 2 Buduran ini sudah aktif, namun ditata kembali diera pembina satuannya Kak Uays Hasyim yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Umum Dewan Kerja Cabang – DKC Sidoarjo periode 1997 – 2000.

Melalui pembenahan berbagai unsur kepenegakan yang memang harus ada di sebuah gugus depan pramuka penegak. Seperti kelengkapan ambalan, struktur organisasi, komposisi pembina gugus depan dan satuan, sanggar bakti pramuka gudep, sarana dan prasarana serta pembiasaan kegiatan kepramukaan sebagaimana ciri khas pramuka penegak.

Kini tepat tanggal 26 September 2022, setelah 23 tahun lamanya telah mengalami masa pasang surut berkegiatan. Lebih dari 2 Dasawarsa berkegiatan dengan berbagai macam dinamikanya, telah menorehkan sejarah perkembangan gugus depan yang semakin meningkat bagi gugus depan yang dijuluki Lion Campus atau Kampusnya para Singa Pramuka.

Dibawah bimbingan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM kepramukaan di Smenda Scout semakin maju dan berkembang dengan pesat. Dukungan berbagai sarana prasarana melengkapi Sanggar Bakti Pramuka Smenda Scout dan kebijakan yang pro pramuka sangatlah terasakan. Kemudahan demi kemudahan yang selama ini diberikan semakin menantang seluruh anggota Smenda Scout untuk terus berprestasi dan semakin inovatif.

Berbagai macam kegiatan inovatif terus dimunculkan, ada SCAMPY yang merupakan lomba pramuka penggalang yang sampai saat ini sudah se-Jawa diadakan, ada juga JEDAR alias Jelajah Desa Sehari, BSC atau Beach Summer Camp yang merupakan Perkemahan musim panas di pantai, Hiking, Scout Project dan berbagai macam kegiatan menarik bagi anggota Smenda Scout.

Kegiatan Anniversary yang ke – 23 tahun (26/09/2022) kali ini dirayakan di Aula SMKN 2 Buduran dengan cara yang sederhana ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Gugus Depan Kak Syamsudin Chalim, S.Pd., M.Pd mewakili Kamabigus. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Jika ingin berhasil seperti kakak-kakak alumni Smenda Scout, maka ikutilah pramuka dengan sungguh-sungguh, karena itu akan menjadi bekal bagi masa depan adik-adik nanti, terutama berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh Smenda Scout” jelasnya.

Turut hadir pula Kak Firli Nuruliawati, Pradana pertama di Smenda Scout bersama teman seangkatannya, dalam sesi testimoni beliau menceritakan bagaimana perjuangan masa-masa sulit kakak-kakak terdahulu dalam mengupayakan berbagai macam kegiatan di Smenda Scout. Dukungan yang juga dirasa waktu itu belum semaksimal saat ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus Dewan Ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien gugus depan 02.081 – 02.082 yang berada diwilayah Kwartir Ranting Buduran ini.

Acara ditutup dengan tradisi adat istiadat ambalan, yakni tukar kado antar seluruh anggota pramuka. Kado sederhana yang saling dibagikan antar anggota Smenda Scout sebagai wujud kebahagiaan dan saling berbagi satu dengan yang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar menjadi kenangan yang membekas di hati masing-masing anggota Smenda Scout meski nanti telah menyelesaikan pendidikan di SMKN 2 Buduran.

Selamat Anniversary Smenda Scout yang ke – 23 tahun, Semoga terus menginspirasi ! (Red)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.