#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

SCOUT FASHION WEEK RAMAIKAN PTA 2022 SMK YPM 3 TAMAN

Pusinfo – Penerimaan Tamu  Ambalan dalam rangka memperkenalkan pramuka di lingkungan ambalan Yudistira – Srikandi Pangkalan SMK YPM 3 Taman berlangsung 17 September s.d 18 september 2022. Kegiatan PTA di tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang pertama di lingkungan sekolah, yang menginap dan digelar dengan protokol Kesehatan yang ketat.

Kegiatan PTA 2022 ini menjadi penting, seiring berlakunya kurikulum merdeka yang ada di sekolah. Pramuka menjadi kunci serta strategis dalam penerapan kurikulum merdeka. Karena dalam penerapannya kurikulum merdeka juga bukan menjadi hal asing bagi gerakan pramuka. Kegiatan serta metode di pramuka sangat pas dengan kurikulum merdeka.

“Pramuka dapat  menumbuhkan pribadi Pancasila sesuai yang diharapkan dalam penerapan kurikulum merdeka” ujar Kak Drs. H. Hasyim Ashari, MM selaku Kamabigus Pangkalan SMK Ypm 3 Taman.

Kak Hasyim yang juga aktif pramuka dari SD sampaikan dengan SMA juga mengharapkan setiap calon tamu ambalan, untuk disiplin dan memahami makna Hymne pramuka. Menurut beliau, anggota pramuka harus paham bagaimana makna dan filosofi hymne pramuka agar tidak sembarangan dalam menyanyikannya. Ungkap beliau yang juga aktif di Satuan Karya Bhayangkara.

Kegiatan yang diadakan di SMK YPM 3 Taman dihadiri kurang lebih 470 orang siswa-siswi sebagai calon tamu ambalan. Menurut kak Sherly  sebagai ketua sangga kerja, kegiatan PTA 2022 ini membuka banyak inovasi kegiatan dan hal baru yang di usung sesuai perkembangan kegiatan pramuka.

“Hal yang menarik adalah memanfaatkan barang di sekitar kita menjadi bermanfaat dan berguna, yang dapat memiliki nilai tambah” ungkap kak Sherly. Salah satu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dan memiliki nilai tambah serta dapat dimanfaatkan agar lebih menarik adalah kegiatan Scout fashion Week. Setiap peserta mewakili kelasnya masing-masing, dengan barang bekas seperti kertas maupun plastik.

Setiap peserta yang memakai baju dari kertas maupun plastik bekas berjalan di sekitaran api unggun yang menyala. Sambil bergaya seperti peragawati dengan percaya diri melambaikan tangan ke penonton yang melihat. Menegaskan pula bahwa sampah yang di buang dapat di manfaatkan terutama untuk peragaan busana yang menarik tentunya lebih kreatif.

Salah satu peserta Scout Fashion Week, Rachel justmine valentine menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Scout Fashion Week di kegiatan PTA 2022, yang membuat siswa-siswi kreatif dalam pemanfaatan barang bekas dan mendukung jika kegiatan Scout Fashion Week ini dilanjutkan di PTA mendatang.

Tidak kalah seru dengan kegiatan lain, sebagai anggota pramuka yang di siapkan terjun kemasyarakat pramuka SMK YPM 3 Taman melakukan bakti masyarakat dengan membersihkan lingkungan di sekitar Rt. 04 RW 01 Ngelom Megare Kec. Taman.

“Kegiatan dengan persiapan 2 minggu tidak menyurutkan peserta berkreativitas dan berekspresi, semoga dapat membangun motivasi diri untuk berprestasi” ujar kak Bambang selaku pembina gugus depan menutup kegiatan penerimaan tamu ambalam tahun 2022.

Jurnalis : Kak Agus Andrianto – Tim Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Editor : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

7 Komentar

  1. Rika Rahmani ( x mplb 3 ) menulis:

    Alhamdulillah PTA nya berjalan dengan lancar mulai apel pembukaan sampai apel penutupan. Saya senang sekali PTA kemarin karna sangat seru ada waktu bermain game nya juga . Bismillah semoga X Mplb fashion week dan pensi nya Menang amin… Ya rabbal Alamin…

  2. Keren!!
    PTA kemarin mengajarkan saya arti kebersamaan, arti keharmonisan antar teman,arti kerjasama
    semua rasa tercurahkan mulai dari rasa sedih, bangga, senang
    terimakasih untuk teman” yang sudah berusaha semaksimal mungkin seperti pensi dan fashion week
    terimakasih untuk Kaka” pembina Pramuka dan terimakasih juga SMK YPM 3 TAMAN untuk acara kemarin semoga lebih jaya kedepannya,we love you !! 💗🤩

  3. Hidup hanya datang sekali, jadi lakukan apa yang membuatmu bahagia, dan berada di sekitar orang yang membuatmu tersenyum. trimakasih PTA SMK YPM 3 TAMAN sudah memberi banyak ilmu dan pengalaman bagi saya, dari kedisiplinan hingga kebersihan dan ketertiban.
    saya mohon maaf jika ada salah kata
    Sekian trimakasih dari saya Bagas Eka Saputra X AKL 1

  4. Vella farandyta menulis:

    KEREN..
    Gabisa ngungkapin dengan kata kata
    pokoknya the best
    Kegiatan PTA kemarin memiliki banyak arti dan setiap kegiatannya banyak pelajaran yang bisa di ambil..
    SUKSES TERUS BUAT KAKAK KAKAK PRAMUKA, SEMOGA SELALU DI BERI KEMUDAHAN DALAM SETIAP MELAKUKAN KEGIATAN- KEGIATAN SELANJUTNYA💐💪
    #TetapSlayDanAnggunly💅🏻
    LUV U <3

  5. Hal utama yang membedakan adalah kualitas manusianya. Jika memang kualitasnya baik dan mendapat pendidikan terbaik, tentunya hasil yang diperoleh akan menjadi lebih maksimal.Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran.Tanpa Kerja Keras, Tak ada Prestasi Memuaskan Yang bisa anda capai. Tak ada karya bermutu yang bisa anda wujudkanLebih banyak membaca, lebih banyak hal yang diketahui, lebih banyak pembelajaran, lebih banyak tempat yang dapat dikunjungi.

  6. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada kakak-kakak pembina yang dapat memeriahkan Penerimaan Tamu Ambalan(PTA) ini🌟!!!! Untuk Pertama kalinya saya mengikuti acara ini, dan ternyata saya tidak menyangka akan seseru dan semeriah ini. Hal ini dimulai karena adanya diadakan lomba seperti pensi, Scout Fashion Week (SFW), Estafet Karet dan banyak lagi. Dan yang paling saya kagumi ialah dalam PTA ini menyelenggarakan bakti masyarakat yang bermanfaat untuk kami dan masyarakat sekitar belajar dalam proses memilah sampah yang benar hingga mengelolahnya!!!♡ terimakasih kpd smk ypm 3 taman yang telah menyelenggarakan acara ini!!!😍

  7. Chintya X AK 1 menulis:

    PTA, tidak hanya mengajarkan hal kepramukaan saja. Tetapi juga tentang gotong royong, semangat jiwa muda, kreativitas, kebersamaan.

    Kebersamaan dibuktikan dengan diskusi dan latihan pensi kelas. Pentas seni membutuhkan kekompakan agar gerakan yg ditampilkan terlihat serasi dan enak dipandang.

    Kreativitas dibuktikan dengan kegiatan Scout Fashion Week yg terinspirasi dari Citayam Fashion Week. Selain itu, pakaian yg digunakan menggunakan pakaian yg terbuat dari kertas atau plastik bekas. Manfaat dari Scout Fashion Week tidak hanya menambah kreativitas siswa, tetapi juga membantu menjaga bumi dengan mengelola kertas atau plastik yg sudah tidak terpakai.

    Dari sini, bisa kita lihat bahwa SMYTITA mengikuti perkembangan zaman tanpa merubah ciri khas miliknya. Sukses terus SMYTITA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.