#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

PETA Camp cetak Anggota Pramuka Percaya Diri, Edukatif, Tangguh dan Aktif

Kegiatan Orientasi Tamu Ambalan Pramuka SMA Negeri 2 Sidoarjo tahun 2022

Pusinfo – Pada tahun 2022 ini Dewan Ambalan Arjuna dan Srikandi mengadakan kegiatan Orientasi Tamu Ambalan (OTA) dengan tema PETA CAMP yang memiliki makna yaitu jiwa semangat nasionalisme yang tinggi, hal ini sebagaimana semangat para pahlawan PETA – Pembela Tanah Air di jaman perjuangan kemerdekaan dahulu. OTA angkatan X tahun 2022 ini memang jauh beda dengan yang sebelumnya, meskipun setiap pelaksanaan OTA dari tahun ke tahun selalu saja ada yang berbeda.

Kegiatan peta camp ini dilaksanakan pada tanggal 02 – 04 September 2022 yang berlokasi di Lentera Camp Trawas. Kegiatan ini diikuti ratusan peserta didik baru tahun ajaran 2022 – 2023. Kegiatan ini berlangsung dalam dua gelombang, pertama diikuti oleh anggota pramuka putra yang dilaksanakan pada hari Jumat s.d Sabtu, sedangkan kedua diikuti olah anggota pramuka putri yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu.

Kegiatan kali ini dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Sidoarjo selaku Ketua majelis Pembimbing GUgus Depan – Kak Drs. Digdo Santoso, M.Pd. Beliau berpesan bahwa kegiatan ini haruslah dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan, serta mempererat komunikasi dan melatih kebersamaan bagi seluruh anggota pramuka, tentunya tetap menerapkan Trisatya dan Dasa Darma Pramuka.

Itu sudah menjadi komitmen keluarga besar SMANDA Scout, bahwa harus selalu ada yang baru dan berbeda dari pelaksanaan OTA sebelumnya. Selain perlambangan semangat nasionalisme, PETA juga memiliki arti Percaya Diri, Edukatif, Tangguh, dan Aktif, hal ini merupakan semangat dan harapan Dewan Ambalan Pramuka SMA Negeri 2 Sidoarjo bahwa setelah mengikuti kegiatan tersebut Anggota Calon Penegak dapat menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Orientasi Tamu Ambalan angkatan X tahun 2022 ini merupakan kegiatan pengembangan dan proses pendidikan generasi muda khususnya dalam Golongan Pramuka Penegak. Kegiatan ini merupakan fase peralihan dari pramuka penggalang sebelum secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak yang bertujuan agar anggota tersebut lebih mengenal tentang adat istiadat Ambalan Arjuna dan Srikandi, juga mengenal berbagai macam kegiatan pramuka di SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Kontributor : Susilo Maulana Erdiansyah – Gudep 01.175-01.176 Pangkalan SMA Negeri 2 Sidoarjo

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.