#RebrandingPramuka Berita Info Gudep Info Kwarran

Kibarkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

Kegiatan Lomba Tingkat 1 Gugus Depan Pangkalan SDN Ploso Kwartir Ranting Wonoayu

Pusinfo – Semangat KIBAR yang merupakan akronim dari Kreatif, Inovatif, Berbudi, dan BerkARakter menjadi motivasi dalam pelaksanaan kegiatan kompetisi pramuka tingkat penggalang yang dikenal dengan Lomba Tingkat 1 – LT 1 gugus depan pangkalan SDN Ploso Kwartir Ranting Wonoayu, Jumat & Sabtu 02 s.d 03/10/2022. Dalam kegiatan ini digaungkan semangat nasionalisme dan patriotisme untuk seluruh anggota pramuka yang ada di gugus depan yang berpangkalan di sekolah ini.

Kegiatan yang dibuka oleh Kamabigus – Kak Dwi Joellyananta yang dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib, aman, lancar dan menyenangkan semua peserta serta orag tua peserta didik, sekaligus menekankan bahwa kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya. Hal ini mengingat juga akan diadakannya Lomba Tingkat – 2 di Kwartir Ranting Wonoayu maka pangkalan SDN Ploso meyelenggarakan Lomba Tingkat – 1, sebuah kompetisi pramuka penggalang ditingkat gugus depan sekaligus sebagai tahapan penyeleksian siswa yang akan diikut sertakan dalam kegiatan jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan Lomba Tingkat 1 kali ini dilaksanakan di sekolah sekaligus sebagai proses pembelajaran penyesuaian, mengingat ini adalah kegiatan pertama bagi pramuka penggalang di pangkalan SDN Ploso dengan sistem menginap, selain itu juga agar pembina lebih mudah dalam memantau peserta dan orang tua dapat dengan mudah mendukung pelaksanaan kegiatan putra-putrinya.

Berkolaborasi dengan seluruh kakak pembina yang di pandu langsung oleh Kak Nila Adillah selaku pembina pramuka penggalang, kegiatan diawali dengan materi kepramukaan, kemudian peserta belajar tali temali dan membangun tenda. Menjelang sore hari, Upacara pembukaan kegiatan secara resmi dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti oleh 60 orang peserta pramuka penggalang ini juga diisi dengan tampilan dalam Gebyar seni dan api unggun yang ditutup dengan renungan malam sebelum peserta tidur di tendanya masing-masing.

Esok harinya seluruh peserta mengikuti olahraga bersama, penjelajahan dan berbagai permainan seru lainnya yang dipandu oleh kakak pembina. Dalam upacara penutupan dilakukan pembagian juara untuk regu terbaik putra dan putri. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh anggota pramuka penggalang pangkalan SDN Ploso dapat berlatih kemandirian, tanggung jawab, kerjasama, empati, dan disiplin. Memupuk keberanian memimpin dan dipimpin sesuai dengan tema yang diusungkan.

Kontributor : Kak Janatin Aliyah – Guru SDN Ploso Kwartir Ranting Wonoayu

Editor : Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.