#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Penggalang Bergiat Penggalang Semakin Hebat

Perkemahan Jum’at Sabtu SDN Sedati Agung Kwartir Ranting Sedati

Pusinfo“Kembangkan-kembangkan kemah-kemah di padang, di bawah bentangan langit ciptaan Tuhan …“, bait lagu ciptaan Kak AT. Mahmud yang bercerita tentang semangatnya adik-adik anggota pramuka yang sedang mendirikan tenda dengan selalu tampil ceria ini seolah menginpirasi seluruh warga pramuka SDN Sedati Agung Kwartir Ranting Sedati dengan menyelenggarakan PERJUSA alias Perkemahan pramuka Jum’at Sabtu, 02 – 03 September 2022 di sekolah.

Dengan mengusung tema ” Penggalang Bergiat Penggalang Semakin Hebat”, diharapkan adik-adik pramuka penggalang dapat lebih bersemangat lagi dalam berkegiatan pramuka, lebih mencintai kepramukaan dan mau menerapkan dasa darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Perjusa ini dilaksanakan karena sudah hampir 2 tahun lebih selama pandemi tidak ada kegiatan berkemah, selain itu juga kegiatan ini diharapkan dapat melatih kedisiplinan adik-adik penggalang, melatih ketrampilan bagaimana mendirikan tenda, patuh serta tertib melaksanakan berbagai macam ketentuan yang ada di pramuka, baik Tri Satya maupun Dasa Darma.

Kegiatan yang dibuka oleh kamabigus yaitu Kak Moh.Shobirin,S.Pd,M.Pd ini dilaksanakan di sekolah sebagai tempat untuk berkemah, karena Perjusa kali ini merupakan kegiatan baru bagi pramuka penggalang di SDN Sedati Agung, sehingga masih perlu penyesuaian dalam kegiatan berkemah, selain itu tempat ini dipilih juga merupakan persetujuan sebagian besar wali murid. Bertindak selaku Ketua pelaksana kegiatan Perjusa kali ini adalah Kak Joko Supriyanto,S.Pd

Diikuti oleh 203 pramuka penggalang yang saat ini sedang duduk dikelas 4 s/d 6, kegiatan diawali dengan pendirian tenda bersama-sama seluruh anggota regu pramuka penggalang dengan dibantu oleh kakak pembina. Melalui kegiatan mendirikan tenda ini, setiap anggota pramuka penggalang juga belajar bagaimana bekerja sama satu dengan yang lainnya. Kesulitan mendirikan tenda tentunya juga dialami oleh adik-adik seluruh peserta Perjusa, namun demikian kakak-kakak pembina selalu Siap Sedia mendampingi dan mengajarkan bagaimana mendirikan tenda dengan baik dan benar.

Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan secara khidmat, tak lupa juga sebagai anggota pramuka yang selalu menerapkan Dasa Darma, utamanya yang pertama – Takwa kepada Tuhan yang maha esa diaplikasikan dalam pelaksanakan ibadah sholat dan dilanjut materi-materi kepramukaan. Yang menarik dan ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta Perjusa adalah malam api unggun gembira dimana setiap regu diberikan kesempatan untuk menampilkan kebolehannya dalam berkarya seni dan sekaligus menghibur seluruh yang hadir turut menyaksikan malam api unggun. Yang tak ketinggalan sebagai salah satu ciri khas pramuka adalah acara renungan malam, sebagai sarana untuk refleksi atau merenungkan kembali berbagai kejadian maupun aktifitas yang selama ini telah dijalani.

Salah satu yang menjadi keunikan kegiatan Perjusa kali ini adalah adik-adik pada sabtu pagi diajak jelajah kota dengan menelusuri wilayah sekitar yang menarik bagi peserta untuk dipelajari, hal ini sebagai sarana untuk pembelajaran orientasi medan sekitar bagi seluruh peserta didik agar lebih memahami wilayah yang ada disekitar sekolah mereka.

Kontributor : Kak Moh.Shobirin,S.Pd,M.Pd

Editor : Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.