#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

KENALKAN KUE TRADISIONAL, LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

Uniknya Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun 2022

Pusinfo – Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan di Indonesia menjadi sebuah gerakan produkti bagi anak muda dan orang dewasa. Hal ini tercermin dalam berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh anggota pramuka, tak terkecuali dengan anggota pramuka yang berada di gugus depan pangkalan SMA Negeri 3 Sidoarjo. Gugus depan pangkalan pramuka penegak ini, terbilang cukup produktif dalam berkegiatan serta aktif mempublikasikan berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

Penerimaan Tamu Ambalan salah satunya, sebagai sarana untuk perpindahan golongan dari pramuka penggalang ke tingkatan pramuka penegak. Sudah diketahui bersama jika seluruh siswa kelas X tingkatan SMA merupakan para pramuka penggalang yang pernah aktif di sekolah SMP/MTs sebelumnya. Penerimaan Tamu Ambalan SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun 2022 diiikuti oleh seluruh siswa fase E kelas X tahun ajaran 2022 – 2023 dengan di dampingi oleh para pembina Pramuka, Wali Kelas dan Majelis Pembimbing gugus depan yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022.

Selain itu, yang menjadi tujuan PTA kali ini adalah melaksanakan proses penerimaan anggota baru Ambalan yang dilandasi dengan jiwa Pramuka Cerdik (Cerdas Mandiri Kreatif) dan berakhlak mulia. Hal ini diterjemahkan dalam dua bentuk kegiatan yaitu : 1. Giat materi tentang struktur organisasi Pramuka dan kegiatan kepenegakan, 2. Giat lomba lomba yang meliputi Scout Craft (Membuat kerajinan dari barang bekas), SCORE (Scout Rank Competition) tentang pengetahuan umum dan kepramukaan, Morse dan filtrasi air.

Selain itu juga di laksanakan kegiatan pengenalan berbagai macam kue tradisional, hal ini dimaksud agar anggota Pramuka penegak khususnya di SMA Negeri 3 Sidoarjo juga turut serta dalam mengenal, mencintai dan melestarikan budaya dan kearifan lokal berupa kue tradisional ditengah banyaknya anak muda yang semakin gandrun dengan makanan-makanan luar negeri maupun fastfood. Pada kegiatan PTA kali ini juga dilaksanakan lomba untuk menggali kemampuan awal anggota baru, mewujudkan profil pelajar Pancasila yang di kemas dalam bentuk kegiatan yang rekreatif, kompetitif dan menyenangkan.

Kontributor : Kak Farida (Pembina Gudep Pramuka SMA Negeri 3 Sidoarjo)

Editor : Redaksi

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.