Artikel Berita

PRAMUKA PONDOK PESANTREN SABILUR ROSYAD BERKARYA

Pramuka Gugus Depan Pangkalan SMP Plus Sabilur Rosyad terus berkarya membangun karakter pemuda bangsa;

Pusinfo – Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang SD hingga SMA, yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran di sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang bertujuan mewadahi bakat, minat, dan potensi anak untuk dikembangkan secara terus-menerus.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga mengajarkan agar anak senantiasa belajar tidak hanya dalam kelas namun juga belajar di alam. Adapun karakter yang ingin dicapai dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka ialah terbentuknya kepribadian peserta didik, watak, akhlak mulia dan memiliki kecakapan hidup serta menjalankan sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam kepramukaan.

Dalam upaya pelaksanaannya, SMP Plus Sabilur Rosyad membentuk organisasi pramuka yang diberi nama “Sarosda Scout”.

Pangkalan yang berbasis pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 2015, dengan nomor gudep 0219 – 0220, beralamat di Jalan Hang Tuah No. 22 Sidoarjo, terbentuknya Sarosda Scout merupakan bagian dari upaya pengimplementasian kurikulum 13 yang mewajibkan pramuka di jenjang sekolah dasar dan menengah.

Berdirinya organisasi yang dibina oleh kak Gunawan dan kak Ria ini ternyata disambut positif oleh sebagian besar peserta didik, khususnya peserta didik yang sebelumnya mengikuti ekstrakurikuler pramuka di tingkat SD, sehingga di tahun berikutnya Sarosda Scout membentuk Dewan Galang atau dikenal dengan nama Dega Sarosda.

Dega Sarosda sendiri merupakan bagian dari wadah peserta didik yang memiliki minat lebih di pramuka dan juga untuk mempersiapkan peserta didik dalam kegiatan di sekolah maupun diluar sekolah, yang beranggotakan peserta didik kelas 7 dan 8.

Selain aktif di latihan rutin hari Sabtu, dan latihan tambahan. Dega Sarosda juga aktif di kegiatan luar sekolah, contohnya : Jelajah Kota, Kobbar Scout, Scampy, SIAP, Gemilang, dsb.

Keaktifan Sarosda Scout ini, mendapat dukungan penuh sekolah, sehingga beberapa hari yang lalu, telah diadakan Lomba Tingkat 1, yang persiapannya kurang dari 1 minggu namun hasilnya luar biasa, peserta mampu mengikuti berbagai lomba dengan maksimal.

Dengan semakin meningkatnya minat peserta didik terhadap pramuka, ini merupakan energi positif untuk pengembangan pramuka kedepannya. (Kak Riagun)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.