BANDENG TANPA DURI SCOUT REIVDA

Liputan oleh : Kak Suci Amaliyah

Pusinfo – Istilah Learning by doing bagi setiap anggota Pramuka tidaklah asing. Belajar sambil melakukan bahasa mudahnya, ini menjadi sebuah ilmu dengan praktek di Pramuka yang tidak hanya sekedar teori semata. Hal ini pula yang diajarkan oleh kakak Pembina Pramuka di Scout reivda – SDN Sidokare 4 Sidoarjo.

Sebuah kegiatan menarik dilakukan oleh adik-adik Pramuka Penggalang dibawah bimbingan Instruktur Kak Setyo Nugroho, ST dari Satuan Karya Pramuka Bahari Sidoarjo dengan didamping tim Pembina Pramuka Scout reivda. Kegiatan cabut duri bandeng, ini adalah kegiatan yang mengakomodir kearifan lokal dimana Kabupaten Sidoarjo selama ini dikenal dengan potensi bandengnya yang melimpah sekaligus sebagai Kabupaten yang memiliki banyak tambak ikan yang tersebar disisi timur wilayah kota Delta ini.

Kali ini adik-adik Pramuka Penggalang dilatih berwira usaha dengan memanfaatkan bandeng sebagai sumber pangan yang diolah menjadi pangan yang semakin digemari, yakni menjadi bandeng tanpa duri. Sebagai pemateri, Kak Setyo membimbing adik-adik Pramuka Penggalang untuk bagaimana mencabut duri bandeng dengan aman dan nyaman. Kegiatan ini menjadi sebuah tantangan menarik sekaligus mengajarkan kepada peserta didik untuk belajar memahami sebuah proses yang selama ini belum pernah mereka dapatkan.

Sesuai dengan kurikulum yang akan diterapkan kedepan tentang prototype yang menitik beratkan pada wira usaha, pelajar pancasila maupun tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu berbasis proyek. Hal inilah yang menjadi dasar guna menyemangati adik-adik penggalang untuk berwira usaha, menghasilkan sebuah karya dan mampu memberikan manfaat bagi keluarga mereka.

Pramuka yang berpangkalan di SDN Sidokare IV ini selain mengajarkan entrepreneurship, selama ini juga telah memiliki karya berupa batik jumputan. Begitu juga dengan bandeng tanpa duri ini, nantinya diharapkan dapat menjadi sebuah produk unggulan bagi Pramuka SDN Sidokare IV. Tentunya juga kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan mendorong kemajuan bagi Gerakan Pramuka di SDN Sidokare IV dan Pramuka di Sidoarjo pada umumnya. (Pusinfo – Kak SA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.