PENGEMBARAAN BUDAYA GUDEP 04.001 – 04.002 SMA AL-MUBAROKAH PORONG

Liputan oleh :

Kak Seger Santoso, BG., MT

Jika ingin sukses dan berbahagia, kalianlah yang harus mengusahakannya sendiri. Tidak ada orang lain yang bisa mempersembahkannya untuk kalian” Sepenggal kata-kata motivasi di dalam buku Rovering to Succes karya besar Baden Powell ini patut kita renungkan. Kesuksesan serta kebahagiaan haruslah diupayakan, meskipun harus dengan mengembara sekalipun.

Pengembaraan adalah sebuah perjalanan penuh dengan tujuan, mengarah kepada apa yang menjadi harapan agar dapat terwujud. Dan tentunya tidak dengan mudah digapai, sebab perjalanan selalu diiringi dengan berbagai macam tantangan dan hambatan disepanjangnya. Hal inilah yang ingin diajarkan oleh para kakak Pembina Pramuka Gugus Depan 04.001 – 04.002 SMA Al-Mubarokah Porong Sidoarjo.

Gugus Depan yang berlokasi di Pesantren Porong Sidoarjo ini, menggelar kegiatan Pengembaraan Pramuka Penegak, Minggu 20 Pebruari 2022 yang diikuti oleh 2 Sangga Putri ambalan Kartini ke Candi Belahan/Sumber Tetek Desa Belahan Jowo, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan yang merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit.

Kegiatan di Candi yang telah dibangun sejak abad 11 pada tahun 1049 M tepatnya di masa Kerajaan Kahuripan ini diikuti oleh 20 orang peserta dengan 2 orang Pembina Pendamping Putra dan 1 orang Pembina Pendamping Putri.

Pengembaraan diawali dengan jalan kaki dari jembatan Kepulungan melewati perkampungan warga Desa Jeruk Purut. Selain perkampungan, persawahan dan hutan juga menjadi pemandangan menarik selama melaksanakan perjalanan pengembaraan hingga sampai di Candi Belahan atau Sumber Tetek Kec. Gempol Kabupaten Pasuruan.

Dalam kegiatan pengembaraan kali ini, juga dilakukan uji beberapa TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Pramuka Penegak, Pembuatan Sket Panorama dan peta pita serta praktek penggunaan kompas bagi seluruh peserta pengembaraan. Tidak hanya itu, praktek pembuatan bivak juga dilakukan untuk membekali peserta pengalaman selama dialam terbuka.

Nilai-nilai yang ditanamkan dalam pengembaraan kali ini diantaranya adalah kepedulian akan budaya bangsa yang merupakan peninggalan leluhur bernilai tinggi, selain itu juga mendorong kepekaan setiap peserta untuk memiliki kepedulian kepada diri sendiri, orang lain serta bangsa dan tanah air tercinta.

Hal yang sangat dinanti paska bergiat adalah berbasah-basah ria sembari menikmati sejuk segarnya mata air yang mengalir di Candi Belahan/Sumber Tetek Gempol Pasuruan bersama seluruh peserta pengembaraan.

Inilah salah satu keseruan kami bergiatan pengembaraan dialam terbuka ? Bagaimana dengan kakak-kakak sekalian dengan gugus depannya ? “Mengembaralah agar hidupmu bahagia” Baden Powell (Pusinfo-Kak SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.