Artikel

SUKSES MENUJU SIAGA GARUDA DI MASA PANDEMI

Liputan Oleh :

Kak Suci Amaliyah

Scout reivda – SDN Sidokare 4 Sidoarjo

Di awal tahun 2018 sudah tergaung dengan lantang Kwarcab Sidoarjo mensukseskan program Pramuka Garuda dengan target 100 pramuka garuda yang akan terlahir ditahun tersebut. Kami sebagai seorang pembina sangat antusias untuk menuju cita -cita tersebut. Tersirat angan akankah dapat tercapai ditahun 2019 diawali Angkatan pertama, namun dengan tekat kuat dan persyaratan yang harus dilaksanakan peserta didik scoutreivda hanya mampu melahirkan satu generasi siaga garuda di tahun tersebut. Masa pandemi menyurutkan langkah peserta didik untuk melaksanakan syarat penempuhan. benar ada yang salah dengan teknis dan sistem pencapaian, belum lagi ditambah dukungan orang tua kepercayaan mereka sangatlah penting dan tak kalah urgent yaitu tim pembina harus solid.

Sangatlah mudah  untuk melahirkan Pramuka Siaga Garuda di tingkat Sekolah Dasar. Jika kita sebagai seorang guru sekaligus pembina merupakan poin plus menjadi jalan terwujudnya Ratusan Siaga Garuda akan terlahir dari gugus depan di pangkalan SD. Secara akademik di pembelajaran Tema 8 Kelas 3 SD dalam satu tema semua pokok bahasan tentang “PRAMUKA” Tema 8 berjudul Praja Muda Karana. Anak anak akan melaksanakan dua hal sekaligus Penialaian akademis dan ekstrakurikuler.  Sehingga Tips Menuju Sukses Menuju Siaga Garuda dengan “ COPI LATE”

  1. C (Cakap) , semua proses tanda kecakapan telah ditempuh dengan baik
  2. O (Ontentik) hasil semua kegiatan peserta didik harus asli dan siapkan portofolio rekam jejak.
  3. P (Parenting) Orang tua adalah unsur utama dalam setiap suksesnya kegiatan, karena tim penilai yang tersiri dari, 5 unsur salah satunya adalah orang tua
  4. I ( Inovasi) tidak akan tercapai sukses jika pembina hanya berpangku tanggan cobalah mencari inovasi terkini dalam menyampaikan materi dan menenmpuh kegiatan pendukung di tingkat gugus depan bukan hanya menunggu kegiatan yang di adakan di tingkat kwarran dan kwarcab saja.
  5. L ( lalui semua dengan Bahagia) karena sistem administrasi yang Panjang nikmati setiap perjalannya dalam memenuhi syarat – syarat administrai pramuka siaga garuda.
  6. A ( antusias ) selalu semangat dan antusias yakinkan peserta didik dan Tim jika kita akan dapat menempuh kesukses Bersama.
  7. T ( Tema) Pembelajaran K13 telah memudahkan kita untuk melaksakanan penempuhan tersebut. Di jenjang Siaga Khususnya kelas 3 di Tema 8 dengan judul “ Praja Muda Karana”  semua tentang Pramuka peserta didik makin luar biasa semangatnya secara akademik mendapat nilai rapot dan mendapat nilai kebanggaan menerima lencana.
  8. E ( Edukasi) harapan seorang pembina maupun pendidik semua adalah edukasi, dari yang tidak mampu, peserta didik mampu mencoba, melaksanakan dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Dari tips tersebut  alhamdulillah meskipun di tahun  2020 – 2021  telah kita lalui dengan guncangan pandemi. Meskipun tidak dapat bergiat secara langsung namun tidak menyurutkan niat scout reivda untuk mewujudkan Pramuka Garuda Siaga dari 75 siswa di kelas 3 melahirkan 26 garuda garuda yang tangguh dengan bakat dan prestasi mereka masing – masing. Pramuka Garuda mewujudkan rangkaian suksesnya  program Gugus Depan dan kami dapat membawa poin pada penilaian Gudep Unggul tahun ini.  Semangat Berkarya dan Jangan Putus Asa. Pembina Milenial adalah Pembina yang mampu menghadapi tantangan zaman membawa peserta didik pada Darma Baktinya. (Pusinfo-SA)

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. Selamat utk PRAMUKA GARUDA SIDOARJO
    terlahir sebagai contoh manusia terbaik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.