Artikel

KIPRAH BP-1315 KWARCAB SIDOARJO DALAM BAKTI PRAMUKA PEDULI SEMERU 2022

Dengan dasar Tri Satya ‘Ikut serta membangun masyarakat’ dan seluruh poinnya. Pun dengan berbekal Darma Pramuka kedua ‘Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia’ dan kesembilan Darma lainnya, BP-1315 Kwarcab Sidoarjo berangkat ke Lumajang untuk melakukan bakti setelah kepengurusan baru resmi dilantik.

Pramuka membangun Huntara. Lebih simple disebut demikian nampaknya. Karena kegiatan tersebut adalah kegiatan kemah bakti yang memang bertujuan untuk hal itu. Dalam kegiatan yang dikemas dengan apik oleh Kwartir Daerah Jawa Timur dengan nama BAKTI PRAMUKA PEDULI SEMERU 2022, Pramuka Peduli dan Brigade Penolong 1315 Kwarcab Sidoarjo turut berkiprah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 – 10 Februari 2022 di Kawasan relokasi bakal hunian sementara dan hunian tetap bagi korban bencana Awan Panas Guguran Erupsi Gunung Semeru-Lumajang. Lokasi tepatnya dalah di desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Dalam kegiatan tersebut, Pramuka mendapat kuota membangun 50 huntara. Lokasi huntara yang dibangun Pramuka berada di Blok 4-B. Tidak jauh dari pinggiran desa Sumbermujur. Kawasan seluas kurang lebih 81 Hektar ini akan didirikan sebanyak 2000 huntara untuk para pengungsi. Total seluruh kontingen adalah 18 kontingen dari Jawa Timur plus 1 kontingen tamu dari Kwarcab Bekasi – Jawa Barat.

Kontingen Sidoarjo terdiri dari 10 orang anggota. Mereka adalah Kak Ihwal Praja (pimpinan kontingen), Rofi’i (Tukang 1), Bambang (Tukang 2), diikuti oleh 7 tenaga pelaksana antara lain M. Adzani, M. Nur Hidayat, Syaifudin, Eka Valentino, M. Faex Lazim, Novia Perwitasari, dan Galuh Fadheelah. Kesemuanya mengikuti dengan lengkap sejak awal pembukaan sampai akhir Apel penutupan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Kak Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur.

Derap langkah para anggota BP-13.15 Kwarcab Sidoarjo menggema di pagi berkabut menuju gelanggang arena pembangunan Huntara tersebut. Setiap pagi sejak Apel Pembukaan dimulai, mereka mengayuhkan kaki, memberikan bakti terbaik pada bangsa melalui kegiatan ini. Mereka mencangkul, mengangkut pasir, mengaduk semen dan memasang kalsiboard, serta semua rangkaian pembangunan yang diamanahkan.

Sidoarjo yang dikomandani oleh Kak Ihwal Praja ini mendapatkan kavling No. 17 untuk dikerjakan. Pengerjaan dibawah pengawasan ‘Mandor’ bangunan yang super teliti dan ‘ngguyubi’ yaitu Kak Sustini Sudarjo dari kwarcab Lumajang dan koordiantor Kwartir Daerah Al-Khas Syahrun Ni’am.

Pengerjaan dimulai segera setelah sarapan tanpa harus dikomando ulang. Mengabdikan diri sepenuh hati, berkarya sepenuh jiwa. Menikmati setiap tetesan peluh yang mengucur di bawah terik mentari. Berselang antara panas dan hujan, berseling antara angin dan dingin. Namun pergi dan pulang dengan semangat yang sama. Kembali ke medan pembangunan lagi dengan asa yang tetap membara.

Sampai kemudian pada hari ke-9 telah rampunglah huntara dalam kavling seluas 10×14 meter tersebut.  Huntara yang dibangun berukuran 4.8 m x 6 m, sedangkan untuk hunian tetap nanti berukuran 6 x 6m. Hunian tersebut dibangun untuk setiap kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya akibat bencana APG Semeru Desember 2021 lalu. Hari ke-10 adalah penutupan.

Adapun pembiayaan pembangunan huntara ini berasal dari sumbangan Bumbung Kemanusiaan Pramuka seluruh Indonesia. Dengan semangat persaudaraan, membantu dalam bentuk apapun, baik dana, barang, bahan bangunan dan lain-lain. Tak ketinggalan, Sidoarjo pun mengirimkan sumbangan bahan bangunan berupa 200 sak Semen dan Peralatan memasak untuk masing-masing hunian tersebut. 

Terima kasih kami sampaikan kepada Pramuka Indonesia khususnya Pramuka Sidoarjo, terima kasih banyak telah berbakti, berjerih payah membangun Huntara untuk kemanusiaan. Sesungguhnya jerih payah kita semua ini akan menjadi tanda bakti pada negeri. Semoga berbalas kebaikan-kebaikan dan manfaat yang luar biasa di masa depanmu kelak.  Aamiin. Bakti Pramuka Peduli Semeru, Mengabdi tanpa henti. (Pusinfo-Kak Azelin)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.