Find the Badge Menjadi cara Unik Pramuka SMK Telkom Sidoarjo Gelar Orientasi Tamu Ambalan

Pusinfo – Gerakan Pramuka gugus depan pangkalan SMK Telkom Sidoarjo baru saja menggelar acara Orientasi Tamu Ambalan (OTA) yang berlangsung sukses dan penuh semangat. Acara yang diadakan pada tanggal 23-24 Agustus 2024 ini diikuti oleh ratusan peserta dari kelas X yang siap memulai perjalanan mereka sebagai anggota Pramuka Penegak.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru pada kehidupan Pramuka Penegak di lingkungan sekolah, sekaligus mempererat persaudaraan di antara anggota Pramuka. Selama dua hari, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat nilai-nilai dasar kepramukaan, seperti kedisiplinan, kerjasama, dan kepemimpinan.

Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang bertujuan untuk mempersiapkan para Penggalang menjadi Pramuka Penegak. Proses ini tidak hanya menandai peningkatan jenjang kepramukaan, tetapi juga menjadi simbol kesiapan mental dan fisik para peserta untuk menghadapi tantangan yang lebih besar di tingkat Penegak.

Hal ini tentunya selaras dengan perubahan Tri Satya yang menjadi janji seorang Penegak, bahwa seorang Penegak bukan lagi mempersiapkan diri membangun masyarakat, namun seorang Penegak sudah ikut serta membangun masyarakat. Nilai filosofis tersebut juga tersirat dalam prosesi pemecahan kelapa muda yang selalu menyertai upacara pembukaan.

Kamabigus, Kak Abror, S.Hum., M.Pd, dalam sambutannya menyebutkan, “Orientasi Tamu Ambalan bukan sekadar acara perkenalan, tetapi juga merupakan momentum penting untuk membentuk karakter para siswa baru. Kami berharap mereka bisa menjadi Pramuka yang tangguh, berwawasan luas, dan mampu menjadi teladan bagi lingkungan sekitar.”

Serangkaian kegiatan telah disiapkan oleh panitia yang seluruhnya merupakan anggota Dewan Ambalan Sasongko – Lukitaningsih, mulai dari permainan outbound, materi tentang sejarah Pramuka, hingga pengenalan dan pengorganisasian ambalan. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para alumni Pramuka yang pernah menjabat sebelumnya, sehingga dapat memberikan inspirasi serta motivasi untuk terus berprestasi.

Baca Juga  Tanamkan Jiwa Tunas-Tunas yang Berkualitas Melalui LT - 1 SDN Tanjungsari 1 Taman

Malam hari kegiatan dimeriahkan oleh unggun gembira dengan menampilkan berbagai kreasi seni yang dipersembahkan oleh seluruh peserta. Beberapa penampilan tarian turut ditampilkan bersama dengan dance semaphore kreatif. Semangat kreatifitas dan kegembiraan peserta terpancar laksana api unggun yang membara.

Kegiatan masak rimba juga dilaksanakan pada pagi hari kedua. Seluruh peserta diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan makanan untuk satu kelasnya. Masak rimba dipersiapkan dan dilaksanakan oleh peserta secara mandiri, termasuk alat dan bahan masakannya. Melalui ketentuan makanan 4 sehat, seluruh peserta saling berkolaborasi untuk menyajikan menu yang terbaik dan dapat dinikmati oleh seluruh anggotanya. Kegiatan ini tentu mengasah ketepatan waktu dan problem solving pada diri peserta.

Acara ditutup dengan kegiatan “Find the badge” dimana seluruh anggota mencari bedge sangga masing-masing yang dibawa oleh seorang kakak ambalan yang disembunyikan identitasnya. Peserta hanya diberikan kata kunci yang berkaitan dengan pembawa bedge, seperti kata kunci kepala suku berkerudung yang ditujukan kepada Pradana Putri Ambalan Lukitaningsih, Kak Nabila.

Pembina gudep 01.235, Kak Maulana Al-Ghofiqi, M.Pd, menegaskan, “Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah perubahan sikap peserta didik. Harapannya, seluruh materi yang disampaikan selama kegiatan bisa diaplikasikan dalam kehidupan dan Satya Darma Pramuka dapat terus dipegang teguh dan tercermin dalam sikap keseharian.”

Dengan selesainya acara ini, diharapkan para peserta dapat terus mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan kepramukaan dan menjadi pribadi yang lebih baik, sesuai dengan motto ambalan yaitu “Ikhlas, Tuntas, Dharma dalam Bakti”. Ikhlas untuk terus mengembangkan Pramuka SMK Telkom Sidoarjo, melaksanakan seluruh tanggungjawab dengan tuntas, dan selalu menjalankan Darmanya dalam bentuk bakti pada Pramuka. [Red]

Kontributor Kegiatan : Acho & Azizah- Pembina Satuan SMK Telkom Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *