Nawa Karsa, 9 Agenda Strategis Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2023 – 2028

Pusinfo – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa bakti 2023 – 2028 dalam Rencana Strategisnya mempunyai Nawa Karsa Gerakan Pramuka yang disebut sebagai agenda untuk mewujudkan visi dan misi.

Nawa berarti sembilan, sehingga ada 9 agenda strategis yang telah disusun sebagai langkah Kwarnas untuk mencapai setiap misi yang telah ditetapkan.

Berikut ini adalah Nawa Karsa Gerakan Pramuka :

  1. Pengembangan sistem pembinaan anggota muda yang inklusif, selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, aspirasi baru anggota muda serta sejalan dengan agenda strategis bangsa
  2. Pengembangan sistem pengelolaan, pendidikan dan pelatihan orang dewasa yang tersertifikasi serta manpu mendukung system pembinaan anggota muda.
  3. Optimalisasi tata kelola dan pengorganisasian satuan pendidikan dan satuan organisasi Gerakan Pramuka di berbagai tingkatan yang ramping berbasis scout good govermance.
  4. Peningkatan profesionalisme manajemen aset serta unit usaha untuk mendukung ketercukupan anggaran pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka yang efektif dan berkelanjutan
  5. Perluasan partisipasi dan dukungan masyarakat secara inklusif, untuk mendukung Sumber Daya Manusia, sarana prasarana, jejaring dan pendanaan Gerakan Pramuka.
  6. Pengembangan ekosistem digitalisasi Gerakan Pramuka untuk mendukung efektivitas tata kelola organisasi, pembinaan anggota muda, pengelolaan anggota dewasa, kerjasama kemitraan serta program pengabdiaan masyarakat dan bela negara.
  7. Perluasan komunikasi, informasi dan edukasi publik berbasis media multiplatform untuk membangun kepercayaan, partisipasi dan dukungan para pemangku kepentingan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka secara optimal.
  8. Peningkatan kapasitas program pengabdiaan masayarakat dan bela negara untuk membangun jiwa kerelawanan serta karakter kebangsaan anggota Gerakan Pramuka.
  9. Peningkatan profesionalisme dan kapasitas kerjasama kemintraan dengan berbagai pihak untuk mendukung strategi pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka

Nawa Karsa ini juga disinggung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso pada pembukaan Orientasi Andalan Nasional yang digelar di Gedung Pandansari, Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur pada Rabu, 24 April 2024. [Red]

Baca Juga  Kwarcab Gelar LT III, Wujudkan Penggalang Berbudi, Berdedikasi Dan Berprestasi

Sumber berita : https://pramukadiy.or.id/nawa-karsa-9-agenda-strategis-kwartir-nasional-gerakan-pramuka-masa-bakti-2023-2028/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *