Bagikan 250 Takjil, Anggota Pramuka Al-Fattah Asah Kepedulian Kepada Sesama

Pusinfo – Pramuka Al Fattah, sebuah gerakan pramuka yang berbasis di SMP SMA Al Fattah, melakukan aksi mulia dengan membagikan 250 takjil kepada pengendara yang melintas di jalan, pada Jumat, 29 Matet 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mereka dalam meraih berkah Ramadan.

Menurut koordinator Pramuka SMP dan SMA Al Fattah Suci Mandayanti, S.Pd, setiap paket takjil berisi makanan ringan dan air mineral, seperti risol mayo, kurma, dan bakpau. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk mencapai keberkahan Ramadan serta melatih rasa peduli terhadap sesama umat Muslim. Terutama yang sedang dalam perjalanan untuk berbuka puasa.

Dana untuk pembagian takjil gratis berasal dari kas Pramuka. dengan kontribusi tambahan dari siswa, sekolah, dan alumni. Harapannya, kegiatan ini akan membentuk kebiasaan siswa untuk peduli dan berbagi. Karena kesadaran dan kedermawanan perlu ditanamkan sejak dini agar dapat berkembang di masa mendatang.

Ridwan Manan, Kepala SMA Al Fattah memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka Al Fattah tersebut. Dia menganggapnya sebagai implementasi praktis dari ilmu yang diperoleh. Menurut dia, memberi makan berbuka kepada orang yang berpuasa mendapatkan pahala yang setara dengan orang yang berpuasa, dan hal ini juga membentuk kesadaran sosial pada siswa.

Dia menambahkan bahwa kegiatan semacam ini adalah contoh nyata dari bagaimana pendidikan di luar kelas dapat membentuk karakter yang peduli. “Juga memperkaya pengalaman siswa dalam memahami nilai-nilai kemanusiaan,” katanya.

Ridwan Manan berharap kegiatan semacam ini akan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terlibat dalam aktivitas amal dan kemanusiaan di masa depan.

“Ini juga merupakan upaya nyata dalam mengajarkan siswa untuk menghargai nilai-nilai sosial dan berbagi kebaikan dengan sesama,” tambahnya.

Baca Juga  Scout Party Time, Siaga Berpesta Untuk Berkarya

Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya empati dan solidaritas dalam membangun masyarakat yang lebih baik. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Suci Mandayanti – Pembina Pramuka Al-Fattah Buduran;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *