Anggota Pramuka SMA Wachid Hasyim 2 Taman Ikut Serta Gerakan Nyemplung Kali

Pusinfo – Pramuka SMA Wachid Hasyim 2 Taman ikut serta dalam kegiatan Gerakan Nyemplung Kali, Di Desa Krembangan – Kec. Taman pada tanggal 27 Januari 2023. Kegiatan yang di ikuti 14 orang anggota pramuka ini juga di ikuti anggota sekolah hutan wakaf dari beberapa sekolah, Sispala dan Mapala yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM)  Taman – Sepanjang dengan total jumlah peserta keselurahan kurang lebih 200 orang.

Ambalan Wachid Hasyim – Nyi Ageng Serang mengambil perannya dalam kegiatan ini karena memiliki visi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. Terutama terus mengembangkan dan melanjutkan kegiatan ramah lingkungan yang sebelumnya sudah di jalankan.

Menurut pradana putra kak Jidan, bersih – bersih di Sungai ini sangat bagus dan harus konsisten untuk dilakukan. Karena Sungai pelayaran ini merupakan jalur utama untuk kehidupan Masyarakat di sekitar. Dan ikut membangun kesadaran Masyarakat dan pelajar untuk tidak membuang sampah di Sungai.

Dari Gerakan Nyempung Kali, sampah yang ada di Sungai kebanyakan eceng gondok yang menutup Sungai dan sampah plastik terutama dari sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga ada beberapa jenis mulai dari botol plastik air minum, plastik produk bumbu dapur, plastik produk shampo dan plastik produk snack makanan. Sampah-sampah tersebut dari Sungai dipisah atau di sendirikan yang kemudian di timbang di rumah sampah desa krembangan.

“Kali ini merupakan salah satu sungai yang rawan banjir, tapi dengan adanya gerakan GNK ini banjir di sekitar daerah Krembangan dapat terminimalisir karena aliran sungai tidak lagi terhambat oleh tumpukan sampah dan eceng gondok”. Kata kak sugiarto Inisiator Gerakan Nyemplung Kali

Baca Juga  Pengembaraan Penegak Laksana Uji Fisik dan Mental didalam Mencari Jati Diri Kehidupan

Kegiatan bukan hanya dari siswa -siswi yang berada di lingkungan YPM yaitu SMA Wachid Hasyim 2 Taman, SMK Ypm 1 Taman, SMK Ypm 2 Taman, SMK Ypm 3 Taman, SMK YPM 4 Bringinbendo, Universitas Ma’arif Hasyim Latief tetapi juga terlibatnya masyarakat di sekitar Sungai dan ibu-ibu PKK desa krembangan, ikut turut membersihkan Sungai.

“Dengan mengikuti Gerakan Nyempung Kali saya juga bisa mengisi Syarat Kecakapn Umum yang sesuai, tinggal laporan ke Pembina satuan”. Kata Ezra dalam sesi bersih-bersih.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh YPM dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdatul Ulama yang ke 101. Dalam penyelenggaraannya bukan hanya Gerakan Nyempung Kali, tetapi juga kegiatan mancing mania gratis. Secara keseluran kegiatan diadakan merupakan Festival Sungai pelayaran yang mendukung dan menghidupkan Kembali Sungai yang menjadi kehidupan di Masyarakat.

“Sungai pelayaran sepanjang 20 km melintasi 10 desa dan 3 kecamatan, menjadi pusat perhatian dalam upaya menjaga kelestarian sungai. Semoga kegiatan ini terus berlanjut Bersama Masyarakat”. Ujar Pak Sutrisno Kepala Desa Krembangan. [Red]

Pewarta Pusinfo : Agus Andiranto – Anggota Pusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *