Kembangkan Ketrampilan dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Special Scouting Camp 2023.

PUSINFO – Gerakan Pramuka yang berpangkalan di PKBM Lentera Fajar Indonesia terus berkontribusi aktif dalam mendidik dan membina pramuka berkebutuhan khusus. Melalui kegiatan Special Scouting Camp 2023, PKBM Lentera Fajar Indonesia berusaha memberikan kegiatan yang edukatif, kompetitif, dan rekreatif untuk peserta didik berkebutuhan khusus.

Kegiatan Special Scouting Camp 2023 ini dilaksanakan pada sabtu (28/10/2023) di Kompi Kavaleri Panser 3, Sumput – Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh pramuka berkebutuhan khusus dari golongan prasiaga, siaga, penggalang, dan penegak dengan berbagai macam jenis kekhususan.

“Melalui kegiatan Special Scouting Camp 2023 ini anak – anak diajarkan untuk mandiri dan mampu berkolaborasi dalam tim,” ujar Bunda Meri Krisna selaku Kamabigus PKBM Lentera Fajar Indonesia. Pada special scouting camp kali ini, peserta diajarkan untuk membaca peta penjelajahan sederhana, dan bekerjasama untuk mendirikan tenda serta menyelesaikan tugas – tugas kelompok dalam kegiatan halang rintang.

Special Scouting Camp 2023 ini merupakan agenda tahunan PKBM Lentera Fajar Indonesia. Sasaran peserta kegiatan ini adalah peserta didik berkebutuhan khusus dari lembaga terapi dan sekolah – sekolah inklusi di wilayah kabupaten Sidoarjo.

Pada penyelenggaraan tahun ini selain diikuti oleh siswa terapi PKBM Lentera Fajar Indonesia, juga diikuti oleh peserta didik berkebutuhan khusus dari PG-TK Mutiara Anak Sholeh, PG – TK Nurul Fikri, PG-TK-SD Alam Al-Izzah, SD Muhammadiyah 1 & 2 Taman, SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage, SD Muhammadiyah 4 Zamzam, SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SD Widya Wiyata, SDN Sawocangkring.

Ditingkat SMP juga ikut terlibat dari SMP Muhammadiyah 2 Taman, SMP Islam Sidoarjo, SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, SMPN 4 Sidoarjo, dan Lembaga Terapi My Hommy Daycare. Melalui kegiatan semacam ini diharapkan dapat menjadi sarana melatih diri serta mengembangkan ketrampilan dan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus sebelum kelak terjun kemasyarakatan. [Red]

Baca Juga  Temu Saka Pramuka Kwarcab Sidoarjo, Tingkatkan Kreatifitas Anggotanya
Kontributor Kegiatan : Kak Yunanto – PKBM Lentera Fajar Indonesia;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *