Pramuka SDN Jatikalang 1 Krian Adakan Persari Jadikan Ajang Unjuk Seni dan Prestasi

Pusinfo – Pramuka Pangkalan SDN Jatikalang 1 melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat – 1 (LT-1) dan Pentas Seni yang dikemas dalam kegiatan Perkemahan Sehari atau Persari, Rabu 06/09/2023. Acara ini diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang Pramuka Pangkalan SDN Jatikalang 1 sebanyak kurang lebih 135 peserta.

Kegiatan di awali dengan registrasi peserta pukul 06.00 WIB. Pada saat registrasi, dilaksanakan pengecekan barang bawaan serta pengumpulan kayu bakar yang nantinya akan dijadikan Api Unggun. Setelah registrasi, barulah peserta LT-1 mengikuti rangkaian acara Upacara Pembukaan yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Kakwarran Krian yaitu Kak Mudjiadi.

Seusia upacara pembukaan, barulah peserta mengikuti lomba pertama yaitu Lomba Yel – Yel yang berjalan dengan sangat meriah. Masing-masing regu bersemangat dan dengan lantang menyanyikan yel-yelnya. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Semaphore dan Lomba Morse. Meskipun hari semakin siang dan terik panas mulai terasa, tetap tidak mengurangi semangat para peserta Lt. 1 untuk melanjutkan kegiatan yaitu Penjelajahan.

Kegiatan Penjelajahan dilaksanakan di lokasi sekitar sekolahan. Pada saat penjelajahan, peserta akan berhenti pada Pos 1 untuk melaksanakan Lomba Pioneering. Setelah penjelajahan selesai, barulah peserta Kembali ke sekolah untuk melaksanakan lomba selanjutnya yaitu lomba KIM.

Pada kegiatan LT-1 ini terdapat 13 jenis kegiatan yang dilombakan yaitu : Yel-Yel, Semaphore, Morse, Penjelajahan, KIM, Melukis, Hasta Karya, Tali Temali, Pataka, Menghias Makanan, Menata Meja Makan, Menaksir, dan PBB Bertongkat.

Setelah semua rangkaian lomba telah dilalui oleh peserta, barulah para peserta mengikuti puncak acara yaitu Pentas Seni dan Api Unggun. Pada acara Pentas Seni, masing-masing regu menampilkan Dance Semaphore dengan kreatifitasnya masing-masing.

Acara Pentas Seni menjadi semakin meriah karena kedatangan Alumni SDN Jatikalang 1 yang tampil membawakan tarian daerah Bali yaitu Tari Legong Mahawidya. Tidak hanya peserta yang tampil pada pentas seni tersebut, namun bapak/ibu guru berserta staff SDN Jatikalang 1 juga turut memeriahkan dengan tampil dan berjoget bersama.

Baca Juga  Menyatukan Visi Majelis Pembimbing Ranting dan Gudep melalui Orientasi Mabi

Setelah Pentas Seni, acara selanjutnya yaitu pemberian apresiasi dan piala oleh Kamabigus kepada juara LT-1. Terdapat Juara 1 kali ini nantinya akan mewakili Pramuka SDN Jatikalang 1 dalam Lomba Tingkat 2. Keseruan LT-1 Pangkalan SDN Jatikalang 1 tersebut ditutup dengan meriahnya Api Unggun. Kegiatan tersebut ditutup oleh Kamabigus Pramuka Pangkalan SDN Jatikalang 1  yaitu Kak Sumawati Lila Winarsih, S.Pd., M.Si.

Pada saat penutupan tersebut Kak Sumawati Lila Winarsih, S.Pd., M.Si. menyampaikan pesan “Terimakasih kepada para peserta LT-1 yang telah semangat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah kreatifitas dan memacu semangat anak-anak untuk bersaing menjadi lebih baik lagi. Saya mengucapkan selamat kepada para Juara, dan untuk yang belum mendapat juara tidak perlu berkecil hati, masih ada lain kesempatan untuk berlomba menjadi lebih baik.” [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Shinta – Pembina Pramuka SDN Jatikalang 1 Krian;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *