Berlatih Membaca Medan dan Peta untuk Menguatkan Kecakapan Navigasi Darat

Pusinfo – Scarf Outdoor Activities Partner yang berada dibawah naungan PT Skraf Tunas Bakti mengadakan sekolah navigasi darat untuk menguatkan kecakapan membaca medan dan peta. Sekolah Navigasi Darat 2023 yang disingkat menjadi SND 2023 diselenggarakan pada tanggal 01 s..d 03 September 2023 di Welirang Penanggungan Adventure Park (WPAP) dan Gunung Pringgodani yang berada di wilayah Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

SND 2023 ini diikuti oleh 18 peserta, terdiri dari 5 peserta putri dan 13 peserta putra yang berasal dari berbagai instansi/lembaga. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur PT Skraf Tunas Bakti Bapak Rachmad Indra Widiantoro, M.Pd pada Hari Jum’at, 01 September 2023. Bapak Indra berpesan dalam kegiatan ini semoga mampu memberikan manfaat berupa ilmu tambahan terkait dengan Navigasi Darat.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi navigasi darat 1 oleh Kak Ihwal Praja, di sesi yang pertama ini peserta mendapatkan fokus materi tentang kompas, macam-macam kompas sampai ke penggunaan kompas. Peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik membidik objek yang telah ditentukan oleh panitia. Selepas materi, peserta diberikan kesempatan untuk melaksanakan giat pribadi.

Sesi materi kedua di hari pertama sekolah dilaksanakan pukul 19.00 WIB. Kak Ihwal Praja memberikan materi diantaranya pengenalan peta, garis kontur, koordinat geografi dan utm sampai kepada menentukan posisi (reseksi) dengan koordinat geografis maupun utm. Kegiatan di hari pertama diakhiri pada pukul 23.00 WIB dan kemudian peserta dipersilahkan untuk istirahat.

Sabtu, 02 September 2023 peserta melaksanakan review materi dan praktik navigasi darat. Review materi dilaksanakan pada sesi pagi bersama Kak Ihwal Praja dan Kak Roem beserta pendamping Sru. Setelah melakukan review materi yang didapatkan di hari pertama, peserta melakukan praktik jalan kompas dari koordinat awal menuju koordinat tujuan.

Baca Juga  Apa Yang Engkau Cari di Pramuka ...?!?

Sesampainya di koordinat tujuan, peserta mendapatkan koordinat baru dan peserta diberikan instruksi untuk melakukan perencanaan menuju koordinat tujuan dengan menggunakan jalan peta. Pada pertengahan perjalanan peserta diberikan kesempatan untuk melakukan reseksi satu kenampakan alam (Gunung Welirang) dengan jalan yang dilalui oleh peserta (jalan juga tergambar di peta). Setelah melakukan reseksi dan mengetahui posisinya, peserta kembali melanjutkan perjalanan ke koordinat tujuan.

Sampai di koordinat tujuan, peserta kembali melakukan reseksi untuk memastikan posisi mereka benar. Pukul 12.30 WIB peserta kembali diberikan koordinat menuju area Gunung Pringgodani. Peserta melakukan perencanaan perjalanan untuk menuju koordinat tujuan dengan menggunakan jalan kompas/jalan peta. Sesi akhir perjalanan di hari kedua sekolah diakhiri dengan refleksi di area gunung priggodani dan pemberian badge Sekolah Navigasi Darat oleh Kak Ihwal Praja. Hari kedua ditutup dengan perenungan dan nanyian lagu syukur yang dipimpin oleh Kak Moh. Roem.

Hari ketiga sekolah, peserta bersama panitia turun kembali ke Basecamp WPAP pada pukul 07.00 WIB dan sampai di WPAP pukul 09.43 WIB. Selanjutnya pukul 10.30 peserta melakukan sesi Rencana Tindak Lanjut dan pengisian Form Evaluasi kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertfikat kegiatan oleh Bapak Rachmad Indra Widiantoro. [Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *