Semarak Lentera Tunas Muda bersama Penta Pramuka SMA Negeri 4 Sidoarjo

Pusinfo – Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan pangkalan SMA Negeri 4 Sidoarjo digelar pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 5 dan 6 Agustus 2023, bertempat di area SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penta adalah singkatan dari Penerimaan Tamu Ambalan, merupakan program kerja rutin dari Ambalan Panglima Soedirman dan Dewi Sartika, Pangkalan SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Pangkalan ini memiliki sebutan Sivount (Scout Smanivda Movement). Pada tahun ini, Penta diadakan dengan antusias peserta yang sangat tinggi. Persiapan mereka sangatlah matang, karena diberi waktu latihan dengan jangka waktu satu minggu penuh.

Upacara Pembukaan pada kegiatan kali ini dipimpin oleh Kamabigus SMA Negeri 4 Sidoarjo, yakni Kak Dr. Imam Jawahir SPd, MM. Pada saat amanat, Beliau berpesan bahwa, “Kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melayani diri sendiri untuk berkembang menjadi lebih baik, serta menghargai sesama demi menggugah rasa cinta tanah air kita terhadap Indonesia,” ungkapnya.

Pada tahun ini, Penta diadakan selama dua hari satu malam. Tema besar pada Penta tahun ini adalah “Serasa”, singkatan dari Semarak Lentera Tunas Muda bersama Sivount Smanivda. Kegiatan yang diusung kali ini mengutamakan keinginan generasi muda untuk menciptakan suatu karya.

Ada 5 materi yang disampaikan kepada peserta selama kegiatan Penta berlangsung. Diantaranya adalah Leadership yang disampaikan langsung oleh Ketua Gugus Depan kita yaitu kak Warsini. Setelah itu ada Kepramukaan Penegak disampaikan oleh Pembina Satuan Putri kita, yaitu kak Amel.

Penjelasan mengenai pramuka di pangkalan SMA Negeri 4 Sidoarjo dan pengenalan Struktur Organisasi Sivount disampaikan langsung oleh Pradana Putra kita yakni kak Naufal. Dan sisanya adalah materi mengenai Teknik kepramukaan dan Hasta Karya.

Kegiatan seperti ini pastinya memiliki puncak acara yang diadakan pada malam hari, yakni api unggun. Tak lupa disertai dengan tampilan Pentas Seni yang diantusiaskan oleh peserta Penta. Setiap kelas diwajibkan memiliki perwakilan untuk tampil di Pentas Seni tersebut.

Baca Juga  1.086 Pramuka Garuda Dikukuhkan oleh Ketua Kwarcab Sidoarjo Kak Subandi

Kegiatan berlangsung dengan meriah dan dihadiri oleh beberapa tamu dari Pangkalan lain untuk menyaksikan Pentas Seni dan api unggun. Para peserta tampil dengan menyesuaikan tema yang diusung dalam Penta kali ini. Sungguh generasi muda yang suka berkarya bisa tercerminkan dengan sempurna dalam kegiatan Penta kali ini.

Kegiatan hari kedua diselingi dengan Games pipa bocor dan Penjelajahan. Rute yang dipilih kali ini yakni berada di area SMA Negeri 4 Sidoarjo sendiri yaitu kawasan Perumahan Puri Indah. Peserta diajak untuk berkeliling area sekolah untuk pengenalan lingkungan.

Kegiatan Penta ini berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa tantangan yang dialami bersama oleh panitia maupun peserta. Hal tersebut tidak menurunkan semangat mereka sama sekali, karena dari pengalaman tersebutlah, ukiran sejarah yang tak terlupakan bisa terkenang oleh mereka yang mengalaminya. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Warsini, Pembina Gudep SMA Negeri 4 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *