Latih Kemandirian di Alam Terbuka, Pramuka SDN Pucang 1 Sidoarjo Adakan LT – 1

Puainfob – Gugus Depan 01.001-01.002 Pangkalan SDN Pucang 1 Sidoarjo adakan Perkemahan Sabtu, Minggu dan Senin (Persamisen) di Bumi Perkemahan Mahanaim Trawas Mojokerto, Sabtu s.d Senin, 5-7 Agustus 2023. Kegiatan ini dikemas juga sebagai kegiatan Lomba Tingkat – 1.

Diikuti oleh 210 orang peserta pramuka penggalang, kegiatan ini dilaksanakan langsung di alam terbuka. Lokasi yang berhawa sejuk dan aman bagi peserta, membuat seluruh peserta, para Pembina pendamping putra dan putri maupun semua wali kelas yang terlibat merasa nyaman dan bersemangat untuk berkegiatan.

Mengusung tema kegiatan Disiplin, jujur dan berprestasi, kegiatan ini menjadi salah satu sarana untuk melatih kemandirian bagi para anggota pramuka penggalang di alam terbuka. Sekaligus juga untuk persiapan Lomba Tingkat – 2 Kwarran Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Kamabigus Kak Sasmitha Ningsih, S.pd menyampaikan, “Dengan berkemah di alam terbuka seperti ini, adik-adik belajar untuk lebih mandiri. Apapun yang menjadi tantangan dalam kegiatan perlombaan kali ini, harus dijalani dengan riang dan gembira, tetaplah bersemangat dan jaga kesehatan agar bisa mengikuti seluruh kegiatan ini sampai selesai.”

Bertindak sebagai ketua pelaksanaan kegiatan kali ini adalah kak Fuad S.pd, disela-sela kegiatan beliau mengatakan, “Teknis kegiatan yang diterapkan dalam kegiatan LT – 1 kali ini adalah perlombaan antar regu. Melalui kompetisi ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan kedisiplinan, sikap jujur dan meningkatkan prestasinya dalam kepramukaan”.

Lomba Tingkat adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu. Lomba Tingkat biasa disingkat dengan LT. Lomba Tingkat diselenggarakan dalam bentuk perkemahan.

Lomba Tingkat dibedakan berdasarkan tingkat penyelenggaraan dan pesertanya, yaitu : LT I adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Gugus depan (biasanya berupa sekolah SMP atau MTs) dengan peserta dari masing-masing regu anggota Gugus Depan tersebut.

Sedangkan LT II adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) dengan peserta dari masing-masing Gugusdepan yang ada di Kwartir Ranting tersebut. LT III adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten / Kota) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di Kwartir Cabang tersebut.

Untuk LT IV sendiri merupakan Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Daerah (Provinsi) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Cabang yang ada di Kwartir daerah tersebut. Dan LT V adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Nasional (Nasional) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Daerah yang ada di Indonesia.

Lomba Tingkat bersifat berjenjang. Artinya, pemenang pada suatu tingkatan akan mewakili mengikuti Lomba Tingkat di tingkat atasnya. Materi dalam Lomba Tingkat biasanya dikelompokkan dalam emmpat kelompok kegiatan yang yaitu :

  1. Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak, yang meliputi; Ibadah, Siraman Rohani dan upacara.
  2. Ketangkasan, Olah raga dan Patriotisme, yang meliputi; olah raga, halang rintang, pionering, aneka olah raga permainan berkelompok dan lainnya.
  3. Kesehatan, Ketrampilan, seperti; penguasaan teknik ketrampilan (komputer, memasak, fotografi), seminar, kebersihan lingkungan, Pengetahuan Kepramukaan, Penjelajahan, sandi, semaphore, morse dan lainnya.
  4. Seni dan Budaya, seperti; hasta karya dan kerajinan tangan, Pentas Seni, Api Unggun, Gebyar Budaya, Peragaan busana dan lain sebagainya. [Red]
Kontributor Kegiatan : Kak Winarno, Pembina Satuan SDN Pucang 1 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *