Iro Yudho Wicaksono, Sebuah Prinsip Seorang Kesatria Pramuka Warnai PTA MAN Sidoarjo

Pusinfo – Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) kembali digelar oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan Sidoarjo 01.59 – 01.60 pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, Jum’at (4/08/2023) dan Sabtu (5/08/2023). Dengan mengambil tema “Iro Yudho Wicaksono” yang bermakna seorang satria yang berani berperang membela kebenaran, menegakkan keadilan dengan berlandaskan prinsip kebijaksanaan.

Kegiatan ini diikuti oleh calon anggota pramuka ambalan Jenderal Sudirman – RA Kartini sebanyak 470 orang yang juga merupakan siswa-siswi peserta didik baru. Kak Abdul Jalil selaku Kamabigus gerakan pramuka MAN Sidoarjo berkesempatan membuka acara PTA kali ini.

Dalam amanatnya beliau menyampaikan, “Adik-adik sekalian harus bisa bersama-sama mengajak seluruh anggota gerakan pramuka di MAN Sidoarjo untuk terus meningkatkan kedisiplinannya, mengingat tidak akan ada keberhasilan tanpa adanya kedisipilan bagi setiap orang, apalagi anggota pramuka”.

“Sebagaimana tertuang pada Dasa Darma ke – 8, yakni Disiplin, berani dan setia, maka setiap anggota pramuka harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar beliau menjelaskan di hadapan seluruh peserta PTA.

Seperti halnya kegiatan PTA sebelumnya, kegiatan kali ini merupakan prosesi pindah golongan dari Pasukan Penggalang ke Ambalan Penegak. Sebagai seorang penegak, nantinya adik-adik harus dapat menjalankan Dasa Darma sebagai panduan dan bekal menjalani kehidupan bermasyarakat.

Walaupun kegiatan kali ini dilakukan dengan sistem tanpa bermalam, namun kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan 2023 ini berlangsung meriah, berjalan dengan lancar dan dapat dinikmati oleh adik-adik peserta. Berbagai materi dan permainan yang diberikan, peserta nampak sangat menikmatinya.

Materi kegiatan dan berbagai permainan yang keseruannya dirasakan oleh seluruh peserta bertujuan untuk melatih keberanian para calon anggota pramuka penegak ini dan membangun kerja sama antara satu dengan yang lainnya. [Red]

Baca Juga  JELAJAH DESA DAN SUNGAI WARNAI LT - 1 MTsN 2 SIDOARJO
Kontributor : Kak Nadine Kamila Pramudita, Kerani Ambalan MAN Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *