Pusinfo – Satuan Karya Pramuka Wira Kartika (SWK) Kwarcab Sidoarjo dibawah binaan Kodim 0816 Sidoarjo mengadakan kegiatan Pembinaan anggotanya di Makodim 0816 Jl Lingkar Timur No 3 Area Sawah Desa Kemiri Kec. Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, Sabtu s.d Minggu (20-21/05/2023) dengan sistem Perkemahan Sabtu Minggu – PERSAMI.

Kegiatan yang diikuti oleh 130 orang peserta utusan dari 18 Saka Wira Kartika yang berpangkalan di Koramil se-Kabupaten Sidoarjo ini, berlangsung sangat meriah dan penuh semangat. Melalui program kegiatan yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali ini diharapkan dapat membekali setiap anggota pramuka tentang krida-krida yang ada di Saka Wira Kartika.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Mabi Saka Wira Kartika Sidoarjo Lettu Chb Ngatijo ini, membekali peserta dengan materi-materi selain krida-krida SWK, diantaranya : Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Kedisiplinan melalui latihan Baris Berbaris dan Tata Upacara Sekolah.

Selain itu, juga diberikan bekal pengetahuan tentang latihan kedinasan, upacara api ungun, olah raga dan outbound Kebersamaan tim. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan riang gembira sebagai ciri khas pramuka meskipun dilatih oleh para personil TNI AD yang berada di jajaran Kodim 0816 Sidoarjo.

“Kegiatan ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan nilai-nilai juang para generasi muda, hal ini agar mereka selalu mencintai tanah air Indonesia dan juga mencintai gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan pembentukan karakter pemuda harapan bangsa” tutur kak Pelda Sutrisno selaku pembina Saka Wira Kartika yang juga anggota aktif TNI AD di Kodim 0816 Sidoarjo.

Saka Wira Kartika merupakah wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Saka ini didirikan sebagai salah satu upaya untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan disini sangat menyenangkan, banyak kegiatan yang atraktif yang bersifat dinamika kelompok dan memupuk kerja sama tim, melatih kepemimpinan dan wawasan kebangsaan. Pertemanan disini tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain, semuanya saling bekerja sama”, ujar Dika salah satu peserta dari SWK Kwarran Porong. (Red)

Kontributor KegiatanKak Pelda Sutrisno – Pembina Saka Wira Kartika Kodim 0816 Sidoarjo;
Pewarta PusinfoKak Uays Hasyim (Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *