Jelajah Desa Sarana Rekreatif Pramuka Penggalang se-Kwarran Porong

Pusinfo – Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan bagi kaum muda dibawah bimbingan orang dewasa, senantiasa menghadirkan kegiatan-kegiatan yang bermuatan pendidikan kepribadian dan karakter. Namun demikian, kegiatan yang dilaksanakan selalu dibalut dengan kegembiraan sekaligus sebagai sarana rekreasi bagi seluruh peserta yang terlibat.

Sebagaimana halnya yang dilakukan oleh Kwartir Ranting Porong, yang telah mengadakan kegiatan JELAJAH DESA 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Pebruari 2023. Kegiatan yang diselenggarakan dengan mengambil start di gugus depan pangkalan SDN Plumbon Kecamatan Porong ini diikuti oleh 430 peserta Pramuka Penggalang dari gugus depan pangkalan SD serta SMP se-Kwarran Porong.

Kegiatan yang bertujuan untuk melatih anggota pramuka penggalang agar memiliki kecakapan, ketrampilan, kerjasama tim dan kedisiplinan serta mencintai lingkungan dan alam sekitar ini juga dijadikan sebagai sarana rekreasi bagi peserta. Sehingga tidak hanya berlatih dilingkungan sekolah saja tanpa menerapkannya dalam kegiatan sebagai pembelajaran langsung atau learning by doing.

Kegiatan kali ini dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Porong Kak Kiptiyati, S.Pd, M.Si yang juga dihadiri oleh anggota Mabi dari Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas dan Kamabigus se-Kwaran Porong dengan mengambil rute kegiatan dimulai dari SDN Plumbon menuju Desa Plumbon kearah timur, kemudian melewati Dusun Tuyono lalu keluar di lapangan Desa Sentul dan kemudian kembali lagi ke ke SDN Plumbon sebagai tempat finish.

Meskipun rute perjalanan kurang lebih sejauh 4 km, namun tidak menyurutkan semangat adik-adik pramuka penggalang untuk mengikuti kegiatan Jelajah Desa kali ini. Semangat kebersamaan dan riang gembira yang ditanamkan oleh kakak pembina dimanapun berada seolah menjadi motivasi tersendiri bagi setiap peserta dengan memanfaatkan bekal yang telah dibawa sejak dari rumah.

Baca Juga  DKR Taman Adakan Musppanitera, Inisiasi Kebangkitan Pramuka Penegak dan Pandega Kwaran Taman

Kegiatan-kegiatan seperti ini memberikan bekal pengalaman dan keilmuan bagi seluruh peserta untuk mengenali wilayah sekitarnya, menerapkan ilmu-ilmu teknik kepramukaan yang telah diberikan oleh kakak pembinanya selama berlatih di gugus depan selama ini. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menambah teman baru dalam pramuka. (Red)

Kontributor & dokumentasi kegiatan oleh : Kak Muji Yuni Astuti (Waka Binamuda Kwarant Porong);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *