Adakan Diklat Dewan Galang, Siapkan Pramuka Penggalang Garuda

Pusinfo – Gerakan Pramuka gugus depan 04.003 – 04.004 pangkalan SMP Bhayangkari 7 Porong mengadakan Diklat Dewan Penggalang dalam rangka mempersiapkan calon-calon Pramuka Penggalang Garuda, Dlundung Trawas Mojokerto (Sabtu s.d Minggu, 07 – 08/01/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala SMP Bhayangkari 7 Porong yang sekaligus Kamabigus, Kak Kafi Muslihuddin S.pd dengan pembina satuan putra kak Winarno dan pembina satuan putri kak Silfia. Diikuti oleh 60 orang peserta pramuka penggalang dan 8 orang pembina pramuka. Dengan ketua pelaksanaan Pembina gugus depan Kak Dikhurulloh, S.pd

Selama 2 (dua) hari, tanggal 07 – 08 Januari 2023 para peserta ditempa dengan berbagai macam materi dan kegiatan lapangan. Secara pengetahuan, para pramuka penggalang dibekali akan penguatan pemahaman tentang Dasa Darma dan Tri Satya serta aplikasinya didalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pengupasan materi ini, diharapkan dapat menjadi panduan bagi setiap peserta didalam berperilaku sehari-hari sebagaimana tuntunan satya dan darma pramuka. Selain itu, peserta juga dibekali dengan materi pramuka garuda, bagaimana proses penempuhannya serta apa pula manfaatnya. Dikupas tuntas tentang pramuka penggalang garuda sekaligus memberikan pemahaman bagi setiap peserta akan kebanggan prestasi pramuka garuda.

Pembina dan para peserta terlihat sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja tahunan sekaligus untuk memilih anggota dewan penggalang. Sebagai salah satu metode pendidikan kepramukaan, kegiatan alam terbuka menjadi sarana yang sangat efektif didalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik.

Dalam pelaksanaan teknis kegiatan, peserta dibagi menjadi dua kelompok perkemahan putra dan putri, dengan kegiatan-kegiatan yang juga sangat menarik dan mengedukasi, upacara pembukaan, apel pagi, api unggun, jelajah dan berwisata ke air terjun Dlundung. Terlebih lagi, Peserta didik Dewan Penggalang diharapkan mampu menjadi teladan bagi teman – temannya dan mampu menerapkan Dasa Darma Pramuka baik dilingkungan keluarga maupun sekolah serta masyarakat. (Red)

Kontributor oleh : Kak Winarno (Pembina Satuan Putra Pramuka SMP Bhayangkari 7 Porong);

Diedit oleh : Tim Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.