#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Persami Pramuka Produktif SMPN 2 Buduran

Kegiatan Persami Pramuka Produktif SMPN 2 Buduran Sidoarjo

Pusinfo – Kegiatan perkemahan Sabtu Minggu atau yang biasa disingkat sebagai persami kembali diadakan secara sederhana namun, menyenangkan oleh pangkalan Smpn 2 Buduran. Kegiatan yang berhasil menarik banyak perhatian siswa-siswi kelas 7 ini disambut dengan sangat gembira dan bersemangat. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 – Minggu, 2 Oktober 2022 memicu tawa bahagia terutama pada saat malam api unggun.

“Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, tentu karena semangat antusias dari para siswa, pembina, panitia, wali kelas dan alumni Dewan Galang Spenduran” ucap kak Umi selaku pembina gudep di pangkalan SMPN 2 Buduran.

Rencana awal dari susunan kegiatan ini dibuka dengan upacara/apel pembukaan. Namun, tidak semudah dan selancar itu, karena diawal kegiatan dibuka dengan guyuran hujan yang turun lumayan deras. Sehingga rencana awal di adakannya apel pembukaan diganti dengan pengamanan siswa-siswi untuk segera berteduh ke tempat istirahat masing-masing kelas.

Setelah hujan sedikit reda maka kemudian dilangsungkan upacara/apel pembukaan sebagai simbolis. Upacara ini pun diadakan secara singkat karena kendala tempat yang masih licin dan basah karena hujan. “Tentu hal ini menjadi salah satu kendala karena rencana kami sedikit meleset dari jadwal kegiatan. Namun, berkat kerja sama antar panitia dan pembina, kami dapat mengatasi kendala ini dengan baik” terang kak Umi.

Kemudian setelah upacara pembukaan, kegiatan disambung dengan Sholat Ashar berjamaah di Mushola SMPN 2 Buduran. Setelah Sholat Ashar selesai, kegiatan dilanjut dengan berbagai perlombaan yang telah disiapkan, diantaranya seperti : lomba cerdas cermat, KIM, sandi, memasak, puisi, yel-yel, dan Muadzin/Hafidzah.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat seru dan menyenangkan karena semua peserta mengikuti seluruh perlombaan sesuai pembagian tugasnya masing-masing. Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan secara bersamaan dan berjalan cukup lama hingga pukul 17.30. Selesai perlombaan seluruh peserta, pembina, panitia dan para guru diarahkan ke Mushola untuk melaksanakan Sholat Maghrib dan Isya berjamaah.

“Tentu kegiatan persami ini tidak lepas dari Dasa Darma pertama tentang penguatan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Dimana pada saat waktunya ibadah kami akan menghentikan seluruh aktivitas dan mempersiapkan diri untuk beribadah” tutur kak Umi.

Tak berhenti disitu saja, setelah ibadah selesai kegiatan pun dilanjut dengan puncak acara, yaitu malam keakraban, pembacaan Dasa Darma dan api unggun. Kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu seluruh peserta persami pun berjalan dengan sangat seru dan menyenangkan.

“Kegiatan malam keakraban ini dibuka dengan pembacaan Dasa Darma kemudian dilanjut dengan malam keakraban. Dimana peserta kelas 7 dari tiap-tiap regu dan kelas menampilkan berbagai pertunjukan. Ada yang menampilkan tarian, dance, nyanyian, puisi, semaphore, dll. Malam keakraban ini juga ditutup dengan persembahan jinggle oleh anggota Dewan Galang SMPN 2 Buduran” tambah kak Umi. Usai kegiatan, seluruh peserta pun diberi waktu untuk beristirahat agar dapat melanjutkan kegiatan di keesokan hari.

Di keesokan harinya, kegiatan diawali dengan senam pagi, kemudian disambung dengan bersih-bersih kelas dan dilanjut dengan bakti sosial. “Usai selesai seluruh jadwal kegiatan, acara ini pun ditutup dengan upacara penutupan. Kemudian seluruh peserta dipersilahkan untuk kembali pulang ke rumah masing-masing” ujar kak Umi.

“Akhir kata, kami berharap kegiatan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat, terutama dalam hal mengatur produktifitas waktu. Kami juga berharap kegiatan ini dapat memberikan kesan baik yang membekas di hati para peserta” pungkas kak Umi.

Kontributor oleh : Caturina Intan Tanadi (Pemenang ke 2 Lomba Jurnalis Kwarda Jatim 2022);

Editor oleh : Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.