Berita

PONPES AL-HIDAYAH TANGGULANGIN SELENGGARAKAN KMD

Pusinfo – Senin (14/03/2022), Pondok Pesantren Al Hidayah Tanggulangin menyelenggarakan kegiatan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) Jenggala 205. Kegiatan kali ini diikuti peserta sebanyak 83 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama enam hari dengan skenario penyampaian materi pada 14 -16 Maret 2022 di aula ponpes Al Hidayah Tanggulangin dan praktik lapangan pada 26 – 28 Maret 2022 di Pondok Pesantren Daar Abi Bakr yang berlokasi di Pacet Mojokerto.

Pembukaan KMD Jenggala 205 dihadir oleh Wakil Ketua Kwarcab Sidoarjo, Waka Binawasa, Ka. Pusdiklatcab, Pengasuh Pondok Pesantren al Hidayah, Pelatih Pembina Pramuka dan Peserta KMD Jenggala 205.

Mengawali sambutannya H. Mustain Baladan selaku Wakil Ketua Kwarcab Sidoarjo, sedikit mengenang tentang masa saat beliau ikut merasakan dunia pondok pesantren yang notabennya sudah dituntut untuk mandiri sejak dini. Lanjutnya beliau menyampaikan salam dari Ka. Kwarcab Sidoarjo yang berhalangan hadir untuk membuka acara tersebut, H. Subandi selaku Ka. Kwarcab Sidoarjo menitipkan pesan kepada peserta “kakak yang saya hormati, sangat perlu dipahami pramuka bukan hanya membangun manusia atau kaum muda yang cerdas menguasai iptek akan tetapi kaum muda yang tangguh kepribadiannya.”

KMD tidak sekedar melatih kemandirian tetapi kemandirian bagian dari kursus KMD tersebut. Suatu saat kakak akan melatih melatih adik-adik kita tapi kakak dilatih dulu bagaimana kemandirian, bagaimana karakter anak bangsa kedepan. Saat berkemah nanti akan dilatih semuanya, kakak akan dilatih bagaimana menyiapkan generasi mandiri dan generasi yang menjadi benteng bangsa kedepan. Pungkasnya.

Sambutan ditutup dengan membuka acara KMD jeggala 205, “Menyampaikan salam dan atas ijin Ka. Kwarcab Sidoarjo, dengan membaca basmalah kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Jenggala 205, resmi dibuka dan dimulai.” (Pudiklatcab-Kak MJ)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.