PESTA SIAGA PERINGATAN HARI BADEN POWELL

Liputan oleh : Kak Kaiyan, S.Pd., M.Si

Pusinfo – Pramuka selalu riang gembira, dimanapun berada. Kegembiraan itu tercermin juga dalam Pesta Siaga Pramuka Jabon sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Baden Powell – Bapak Pandu Dunia yang ke 165 tahun tanggal 22 Februari 2022. Kegiatan ini diinisiasi oleh kakak-kakak Pembina Pramuka yang tergabung dalam KKG Gugus 03 Jabon.

Pesta Siaga kali ini diikuti oleh ± 90 anggota Pramuka Siaga dengan kepanitian dari para kakak Pembina sejumlah 25 orang. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SDN Jemirahan Kec. Jabon, diawali dengan Upacara Pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta dengan cukup bersemangat.

Kegiatan siaga ini memang identik dengan pembelajaran sambil melakukan atau learning by doing. Berbagai macam lomba digelar untuk mengajarkan ketangkasan bagi seluruh peserta didik yang terlibat. Ada lomba bermain basket, Tendangan Pinalti, Bowling, Jarum Sakti dan Panen Buah. Bagi seluruh peserta ini adalah sebuah perlombaan yang sangat menyenangkan dapat berkompetisi dengan sesama sahabat pramuka siaga yang ada di Kwartir Ranting Jabon.

Melalui kegiatan Pesta Siaga ini diharapkan para peserta dapat meneladani nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh Bapak Pendiri Pramuka Duni ini. Selain itu, melalui kegiatan ini peserta akan mendapatkan nilai-nilai pembelajaran tentang bagaimana membangun sportivitas atas sesama anggota pramuka siaga meskipun dalam sebuah persaingan perlombaan.

Mereka juga diasah ketrampilannya untuk senantiasa mengalami peningkatan, membangun sejak dini kerja sama tim agar tercipta kekompakan sesama anggota pramuka siaga dan juga melatih kesabaran untuk berproses mendapatkan yang terbaik. Hal ini sangatlah perlu diajarkan kepada adik-adik pramuka siaga agar dapat menjadi bekal bagi masa depannya kelak.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian piala dan piagam kejuaraan bagi peserta yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam kompetisi pesta siaga kali ini. Pesta siaga kali ini, Juara 1 berhasil diraih oleh Barung dari utusan Gugus Depan pangkalan SDN Semambung, Juara 2 disabet oleh Barung dari utusan Gugus Depan pangkalan SDN Jemirahan dan Juara 3 diperoleh Barung Utusan Gugus Depan pangkalan SDN Kupang.(Pusinfo-Kak Kaiyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.